Satu Indonesia, Berjuta Placesnya

Buru

  • Dilarang, Penambang Emas Gunung Botak Tetap Beroperasi

    Minggu, 11 Mei 2014 18:32:59
    1864 klik
    Kabar Timur -- Dua tahun sudah upaya Pemerintah Kabupaten Buru mendapatkan Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dari Pemerintah Pusat belum membuahkan hasil. Tapi itu tidak menghentikan aktivitas penambangan ilegal di kawasan tambang emas, Gunung Botak. Mengindari razia yang kerap dilakukan pada siang hari, penambang tidak kehabisan akal. Mereka melakukan aksinya pada malam hari.
  • Bupati Buru 'Piara' Napi Korupsi

    Kamis, 24 April 2014 19:30:20
    1813 klik
    Kabar Timur -- Birokrasi Pemerintah Kabu≠pa≠ten Buru yang dipimpin Ramly Uma≠sugi mulai 'digoyang' isu tak sedap se≠putar 'nepo≠tisme' yang dibangun dan meng≠gurita di≠sa≠na satu diantaranya man≠tan terpidana ko≠rup≠si yang 'dipiara' asal Ka≠bu≠paten Sula, Provinsi Maluku Uta≠ra (Malut), menjabat Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buru. Abdul Kadir Umasugi alias Dade Kepa≠la Dinas Perhubungan Kabupaten Buru, se≠be≠lumnya berstatus Narapidana Korupsi, di Kabupaten Sula, dengan gan≠jaran hu≠kum 1,7 tahun penjara. Dia ter≠libat kasus proyek pengadaan mobil. Setelah nonjob dan tidak bisa menduduki jabatan strategis sesuai edaran Mendagri di Kabupaten Sula, Dade lantas minta mutasi antar Provinsi ke Kabupaten Buru atas persetujuan Bupati Buru, Ramly Umasugi.
  • Bupati Tinjau Kesiapan Panen Raya di Waeapo

    Selasa, 25 Maret 2014 21:46:08
    1649 klik
    Kabar Timur -- Menjelang kedatangan Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Rusman Heryawan, bersama rombongan Kementerian Pertanian untuk mengikuti kegiatan panen raya padi hibrida di Kecamatan Waeapo, Rabu (26/3). Untuk memastikan bagaimana kesiapan dilapangan,Bupati Buru Ramly I. Umasugi S.Pi, MM bersama sejumlah SKPD terkait langsung berkunjung ke Desa Waekasar yang menjadi lokasi panen raya padi hibrida. Kunjungan rombongan Bupati Buru ini juga dirangkaikan dengan kegiatan panen tanaman hortikultura di unit 16 dan penyerahan SK Ijin Operasional SMK Negeri 2 Namlea, serta SK Kepala sekolah. Kegiatan panen bersama para petani ini juga dilakukan secara simbolis oleh Bupati dan sejumlah pejabat tinggi daerah lainnya.
  • Pemkab Buru Siap Gelar Panen Raya

    Kamis, 13 Maret 2014 21:49:01
    1538 klik
    Kabar Timur -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru siap menggelar panen raya di Desa Waekasar, Kecamatan Waeapo, pada 21 Maret mendatang. ''Semua sudah beres dan tidak ada masalah baik lokasi maupun padi yang akan dipanen dan para petaninya,'' ujar Wakil Bupati Buru Djuhana Soedrajat, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (13/3). Luas area padi yang akan dipanen, sekitar 4.599 hektar yang terdiri dari padi hibrida dan padi non hibrida. Dengan rincian padi hibrida 375 hektar dan 4.000 lebih hektar padi non hibrida.
  • Koperasi Tambang Emas Diimbau Miliki Status Lahan Jelas

    Minggu, 23 Februari 2014 18:21:12
    1659 klik
    Republika -- Setiap koperasi yang akan mengurus izin penambangan emas secara sah dari pemerintah daerah harus memiliki status lahan usaha yang jelas dan tidak menyerobot milik orang lain. ''Saat ini ada empat koperasi yang sedang mengajukan permohonan ke pemerintah kabupaten untuk mendapatkan izin penambangan, sehingga Bupati Buru maupun Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral setempat memperhatikan masalah status lahan,'' kata ahli waris lahan Gunung Botak, Ibrahim Wael, di Ambon, Minggu.
  • DPRD Maluku Desak Bupati Buru Tutup Tambang Emas Liar

    Selasa, 03 Desember 2013 10:39:27
    1463 klik
    Berita Satu -- Tingkat kriminalitas yang terjadi di Kabupaten Buru khususnya pada lokasi penambangan emas berpotensi tinggi. Karenanya, pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku mendesak Bupati Kabupaten Buru, Ramly Umasugi, untuk bertindak tegas terhadap situasi dan kondisi yang terjadi akhir-akhir ini pada pertambangan emas di Gunung Botak. Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura Mayjen TNI Eko Wiratmoko menegaskan siap memerintahkan anggotanya untuk menutup lokasi penambangan emas Gunung Botak di Kabupaten Buru kalau diminta pemerintah setempat.
  • Perda Tambang Rakyat Jadi Solusi Cegah Konflik Sosial

    Rabu, 16 Oktober 2013 18:20:24
    1520 klik
    Portal KBR -- Warga penambang di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, boleh tersenyum dengan dikeluarkannya peraturan daerah Wilayah Penambangan Rakyat (Perda WRP). Perda itu membuat warga yang berprofesi sebagai penambang rakyat diizinkan melakukan aktivitas penambangan di kawasan hutan produksi yang dulu berstatus taman nasional di kabupaten itu.
  • Polres Buru Tangkap Perampok Pembeli Emas Di Gunung Botak

    Kamis, 22 Agustus 2013 21:32:42
    1519 klik
    Rakyat Maluku -- Polres Pulau Buru, akhirnya membekuk empat pelaku pembacokan dan perampokan terhadap tiga pembeli emas di kawasan Gunung Botak, Desa Wamsait Kecamatan Wayapo. Mereka ditangkap di kawasan Gunung Botak saat hendak menuju Kota Namlea, ibu kota Kabupaten Buru, Rabu 21 Agustus. Kepala Polres Pulau Buru AKBP Kamaruz Za≠man mengatakan, Rabu (21/8/2013), perampokan terjadi pada Selasa (20/8/2013) malam di tepi jalan di kawasan Gunung Botak. ''Perampok berjumlah 6 orang, mereka membacok korban, dan juga membawa kabur uang tunai Rp 200 juta, dan 1,7 ons emas milik korban,'' ujar Kamaruz.
  • Polisi Didesak Tangkap Bupati Buru

    Selasa, 16 April 2013 19:57:13
    1416 klik
    Porta KBR -- Asisten III Setda Maluku, Muhamad Sedek Sangadji mendesak aparat kepolisian menangkap Bupati Buru, Ramli Umasugi karena melakukan pembiaran operasi pertambangan emas oleh masyarakat di gunung Botak, kabupaten Buru. Sangadji menilai Bupati Buru telah melanggar hak asasi manusia, dan melanggar izin lingkungan. Menurut dia, pertambangan emas gunung Botak tidak mengantongi izin lingkungan hidup serta tidak memiliki SDM yang berkaitan dengan masalah pertambangan dan logam berat.
  • Pulau Buru, Lokasi Baru Puluhan Ribu Penambang Emas 'Liar'

    Minggu, 23 September 2012 17:25:26
    1509 klik
    Detik -- Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Emas Rakyat Indonesia (Asperi) Syamsuddin Said mengatakan, kini Pulau Buru Maluku menjadi daya tarik baru bagi para penambang emas skala kecil. Sejak ramai ditambang 2 tahun lalu, beberapa penambang emas dari Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan bahkan Palu kini mulai mulai bergeser ke Pulau Buru. ''Sekarang ini yang lagi booming itu di Pulau Buru, Maluku ada puluhan ribu penambang, sudah banyak yang lari ke Pulau itu, produksinya cukup besar,'' kata Syamsuddin kepada detikFinance, Minggu (23/9/2012).
‹‹ 1 2 ››
Test Kit Demam Berdarah untuk Klinik

Places di Buru

Tambang Emas Gunung Botak, Pulau Buru

Selasa, 13 Mei 2014 08:10:04
Sawah luas hijau menghampar. Padi menguning bagaikan emas. Itulah lembah Waeapo. Bagaimana kalau mata sedikit dialihkan memandang ke atas, ke perbukitan Waeapo? Syair klasik tadi seolah berganti jadi lagu 'Tenda Biru'-nya Dessy Ratnasari. Sejauh mata...

Pemerintah Kabupaten Buru

Senin, 12 Mei 2014 21:36:42
Delapan tahun silam, 19 Maret 2006, Presiden SBY menggelar panen raya di Pulau Buru, di sawah seluas 4.025 hektar di Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru. Selepas itu, luas sawah dicanangkan bakal ditambah hingga 16.000 hektar. Tapi, situasi mendadak ber...