//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Alfamidi - Jatikramat

Selasa, 08 Maret 2011 15:41:10
photo: centhini/indoplaces

Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress. Ketiganya masih saudara dekat. Hanya saja mereka dikendalikan dua perusahaan publik yang berbeda. Alfamart dikendalikan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, sementara Alfamidi dan Alfaexpress dipegang oleh PT Midi Utama Indonesia Tbk.

Ketiganya sama-sama minimarket, yang diakui sudah jadi keahlian keluarga Djoko Susanto, sang pendiri. Keluarga ini hadir di kedua perusahaan publik tadi lewat PT Sigmantara Alfindo.

Meski sama-sama minimarket, keunikan coba ditanamkan kepada kedua adik baru Alfamart. Dari segi ruang jualan, Alfamidi dirancang berukuran 200-400 meter persegi, sementara Alfaexpress berukuran kecil saja 35-100 meter persegi. Keunikan lain, Alfamidi selalu dipoles dengan warna merah-hitam, beda dari warna strip merah-kuning Alfamart.

Gerai pertama Alfamidi dibuka pada 2007 di Jalan Garuda, Kemayoran. Sedangkan Alfaexpress pertama pertama kali dibuka pada 2009 di Mangga Besar. Per 30 Juni 2010, jumlah Alfamidi sudah mencapai 154 gerai. Sedangkan Alfaexpress baru 57 gerai.

Alfamidi yang satu ini, di Jalan Jatikramat, entah gerai Alfamidi yang keberapa. Dia berada di simpang tiga Jalan Dr Ratna, yang lokasinya tak jauh dari supermarket Superindo, dan berdampingan dengan Indomaret. Tempat ini dulunya dipakai Ayam Bakar Wong Solo.

Peta & Citra Satelit

PT Midi Utama Indonesia Tbk

Alfamidi - Jatikramat
Jalan Jati Kramat
Kelurahan Jatikramat - 17421
Kecamatan Jatiasih
Kota Bekasi



PT Midi Utama Indonesia Tbk
Jalan MH Thamrin No. 9
Cikokol
Tangerang 15117

Website: Alfamart - www.alfamartku.com

Alfaexpress vs Seven-Eleven

Keunikan lain Alfamidi adalah --sebagaimana yang ditawarkan saat go publik November 2010-- hadirnya fresh food di minimarket. Artinya di Alfamidi selain sembako kering, juga dijual sayuran, buah-buahan dan daging.

Sedangkan Alfaexpress, kalau ikut aturan Pemda DKI, tidak tergolong minimarket. Melainkan convenient store, seperti halnya 7-Eleven. Artinya, meski boleh juga jualan barang kelontong, gerai semacam ini --meminjam istilah Pemda DKI-- harus sedia pula meja dan kursi makan. Karena itulah Alfaexpress pun berjualan aneka makanan cepat saji: sosis panggang, hot dog, coffee, cup noodle, beef burger, pop corn, dan juice.

ATM BCA, ATM Mandiri

Di samping kanan Alfamidi tersedia bangunan kotak yang jadi tempat ATM BCA dan ATM Bank Mandiri