Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Widya Graha - LIPI

Jumat, 11 Februari 2011 19:06:57
photo: jobojero/indoplaces

Rumah Ilmu Pengetahuan. Itu makna 'Widya Graha', nama gedung yang ditempati LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Gedung bulat setinggi 50 meter ini ditempat LIPI sejak Agustus 1982, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-15.

Karena gedung lembaga ilmiah, pembangunannya juga ilmiah. Saat meresmikan gedung, ketua LIPI saat itu, Prof Dr Tb Bachtiar Rivai, bercerita bahwa gedung itu dibuat berbentuk bulat sesuai dengan logo LIPI. Bulat ini merupakan simbol siklus kegiatan manusia pencari ilmu pengetahuan.

Bangunan 11 lantai itu pun dirancang tahan gempa. ''Kami sudah mempelajari peta gempa bumi wilayah Indonesia. Khususnya wilayah Jakarta, dan lebih khusus lagi wilayah Jalan Gatot Subroto,'' bilang Bachtiar Rivai.

Gedung yang dibangung dengan biaya Rp 5,3 miliar itu juga dirancang hemat energi. Sinar matahari bisa masuk ke semua sisi gedung. Begitu juga dengan sistem ventilasinya. Dan lubang di tengah gedung rencananya akan dipasangi sel surya untuk pembangkit listrik.

Tentang peruntukkanhya, Bachtiar Rivai bilang, tujuh tingkat (bagian bawah) akan dijadikan ruang pengelolaan dan pembinaan. Empat lantai di atasnya untuk ruang penelitian. Nantinya masih akan dilengkapi lagi dengan gedung serbaguna (auditorium) dan pusat komputer.

Peta & Citra Satelit

Gedung LIPI

Widya Graha
Gedung Lipi
Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 10
Kelurahan Kuningan Barat
Kecamatan Mampang Prapatan
Jakarta Selatan
DKi Jakarta

Website: www.lipi.go.id