Satu Indonesia, Berjuta Placesnya

Indocement Sediakan Jalan ke TPAS Nambo

Kamis, 05 Januari 2012 15:25:52
5497 klik
Send to a friend   Print Version
Cibinong, Bogor -- Perjanjian kerjasama pembangunan akses jalan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Regional Nambo ditandatangani. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bogor, PT.Indocement dan PT.Cibinong Center Industrial Estate di Ruang Serbaguna I Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Kamis (5/1).

Sebelumnya Pemerintah Jawa Barat, Pemerintah Depok, Dan Kabupaten Bogor membuat keputusan bersama penunjukan TPAS Nambo menjadi TPAS Regional. Menurut Kepala Dinas Bina Marga Helmi Gustian penyediaan akses jalan didasarkan pada keputusan Bupati, sepanjang 6 Km atau 25,5 Ha akan dibangun jalan menuju TPAS Regional yang berada di Desa Nambo dan Desa Luluh Kecamatan Kelapanunggal.

''Pemerintah telah melakukan pembebasan lahan yakni 78 bidang tanah dengan biaya sekitar 10 miliar rupiah. Dalam penyediaan akses jalan tersebut PT.Indocement menyediakan lahan sekitar 6 Ha dan PT.Cibinong Center Industrial Estate 6,45 Ha,'' terang Helmi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Nurhayanti mengatakan konsep pengembangan TPAS Regional Nambo menjadi satu-satunya alternative yang sangat tepat. Manfaatnya dirasa memiliki efek ganda, tidak hanya untuk mengelola sampah tapi juga memberdayakan masyarakat setempat.

''Perjanjian kerjasama ini untuk mensinergikan penyediaan akses jalan dan pembangunannya. Diharapkan pembangunan akses jalan ini dapat mendukung system pengolahan akhir sampah dan dapat menaikan segi investasi khususnya di sekitar TPAS Nambo'', ujar Nurhayanti.

Kemudian Pemerintah Jawa Barat yang diwakili Kepala Biro Otonomi Daerah Soni S.Adisoedarma menerangkan, mudah-mudahan penanganan sampah ini bisa lancar dan berorientasi pada lingkungan. Serta kehadiran TPAS Regional ini dapat memberdayakan masyarakat sekitarnya.

''Mudah-mudahan ini bisa menjadi proyek percontohan yang baik. TPAS Regional Nambo diharapkan menjadi contoh bagi TPAS di daerah-daerah lain di Jawa Barat Khususnya dan di Indonesia pada umumnya'', ungkap Soni.(Rido/Diskominfo Kab.Bogor)

Test Kit Demam Berdarah untuk Klinik

Places di Bogor

Kaliana Apartment, Cileungsi, Kabupaten Bogor

Senin, 11 Juni 2018 02:23:56
Juli 2015, PT Metropolitan Land Tbk mengumandangkan niat membangun apartemen 3 tower di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Tepatnya di salah satu kawasan perumahan yang dikembangkannya di sana: Metland Transyogi. Sekarang sudah jadi? Belum jadi. Lewat ana...

Bebek Tajir, Gunung Putri, Kabupaten Bogor

Kamis, 22 Februari 2018 14:27:12
Bebek Tajir terbilang pendatang baru di jagad kuliner. Outletnya baru ada satu: di Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi, tak jauh dari kediaman mantan Presiden SBY di Puri Cikeas, Gunung Putri, Kabupate Bogor. Outlet pertama restoran bebek ini, yang me...

SaveMax Cibubur, Gunung Putri, Kabupaten Bogor

Kamis, 22 Februari 2018 11:07:40
SaveMax Cibubur merupakan satu-satunya outlet super grosir SaveMax. Hadir sejak 10 November 2015, sentra belanja ini kepunyaan Gunung Sewu Group, kelompok usaha yang dikenal sebagai pemilik perkebunan nanas super-luas di Lampung Tengah. Meski menja...