Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

B Fashion Hotel, Jakarta Barat

Kamis, 25 April 2019 13:31:36
photo: hotel b fashion / google sv

Saat ribut-ribut penutupan Hotel Alexis di Ancol, Jakarta Utara, nama Hotel B Fashion ikut jadi pembicaraan pada November 2017. Penyebabnya tak lain, seperti halnya Alexis, hotel ini juga punya griya pijat yang diduga jadi tempat prostitusi. Dan yang juga jadi masalah, izin griya pijatnya sudah kadaluwarsa sejak 11 Oktober 2016. Tak kurang dari Sandiaga Uno, yang saat itu masih Wagub DKI Jakarta dan lantang bicara soal Alexis, ikut ditanya soal griya pijat di Hotel B Fashion. ''Ada griya pijat Fashion? Di mana tuh?,'' bilang Sandi, yang berjanji mengecek masalah itu.

Sandiaga Uno berjanji akan menanyakan hal itu kepada Kadis Penanaman Modal dan PTSP Edy Junaedy. Tanpa perlu menunggu respon lanjutan dari Sandi --panggilan Sandiaga Uno-- berbagai media langsung menanyakan ke Edy Junaedi dan diperoleh jawaban kalau izin atau tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) griya pijat Hotel B Fashion sudah diurus perpanjangannya secara online, tapi masih dalam proses, dan belum keluar persetujuannya. Belakangan, Kabid Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Toni Bako ikut bicara. Katanya, masalah B-Fashion hanya menyangkut perizinan yang belum diperpanjang. Sedangkan soal dugaaan jadi tempat prostitusi dan peredaran narkoba, Hotel B Fashion tidak melanggar aturan. ''Tidak ada pelanggaran di sana. Jadi, tak bisa dong ditutup,'' tambah Toni Bako. Masalah perizinan itu tampaknya sudah beres. Terbukti sampai sekarang B Fashion Hotel masih eksis.

Kapan Hotel B Fashion atau B Fashion hotel mulai beroperasi tidak terlalu jelas. Ketika Google Street View melintas di depan lokasinya pada April 2013, hotel ini masih dalam dikerjakan pembangunannya. Ketika Google Street View melintas lagi pada April 2015, hotel di Jalan Aranda, Grogol, dekat Mal Taman Anggrek, ini sudah sudah beroperasi. Selain hotel dan griya pijat, di bangunan hotel 12 lantai ini hadir pula Opai Night Club di lantai 2, serta karaoke dan spa di lantai 9. Status hotel ini, menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI adalah hotel bintang 2. Namun berbagai website reservasi hotel lebih suka menyebut B Fashion Hotel sebagai hotel bintang 3.

B Fashion Hotel merupakan hotel milik PT Tumbuh Sukses Makmur. Kalau menyimak data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI tadi, penanggung jawab hotel ini adalah Wedji Hartono Pandojo. Sosok yang satu ini juga jadi penanggung jawab 2 hotel lain: Fashion Hotel (tanpa hurup B, yang sudah lebih dulu eksis) yang berlokasi di Jalan Gunung Sahari XII dan Tematik Hotel yang ada di Jalan Jembatan Tiga. Untuk kedua hotel terakhir, nama perusahaan yang dipakai adalah PT Tumbuh Sehat Makmur. Kesamaan dari semua hotel ini adalah sama-sama menyediakan griya pijat dan spa.

Hadir di atas lahan sekitar 2.000 meter persegi, desain arsitektur B Fashion Hotel dibuat pada periode 2013-2014 oleh PT Atelier Una Indonesia. Dengan rancangan 12 lantai, totalnya hotel ini punya ruang seluas 6.000 meter persegi. Sebagian dipakai untuk kamar hotel yang jumlahnya 83 kamar. Kontraktor yang mengerjakan pembangunan fisik hotel mulai 2013 adalah PT Catur Bangun Mandiri.

Peta & Citra Satelit

Hotel Grogol

B-Fashion Hotel
Jl. Aranda No 1
Kelurahan Tanjung Duren Selatan
Kecamatan Grogol Petamburan
Jakarta Barat
DKI Jakarta

Tel: 021-29666777

Website: www.instagram.com/b.fashion.hotel/

Pemilik: PT Tumbuh Sukses Makmur


Simak juga: Fashion Hotel - PT Tumbuh Sehat Makmur