Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman
Jumat, 23 Nopember 2012, 22:57:50
photo: Jakarta Fishing Port
Kenal Pelabuhan Perikanan Muara Angke? Penyuka ikan bakar pastilah kenal pelabuhan ikan di Jakarta Utara itu. Kenal Pelabuhan Perikanan Muara Karang? Banyak orang mungkin tak tahu. Keduanya memang bertetanggaan: sama-sama berada di Kelurahan Pluit, dan hanya terpisahkan oleh PLTU Muara Karang dan Perumahan Pantai Mutiara. Hanya saja nasibnya berbeda. Pelabuhan Muara Karang ditutup pada 1980, di-upgrade, dan naik kelas menjadi pelabuhan perikanan samudera. Namanya pun lantas berganti menjadi Pelabuhan Perikanan Muara Baru. Dan ketika akhirnya diresmikan Presiden Soeharto pada 17 Juli 1985, ia menyandang nama Pelabuhan Perikanan Samudera Jakarta (PPSJ), atau --nama internasionalnya-- Jakarta Fishing Port. Belakangan, di era Kementerian Kelautan dan Perikanan, nama lokalnya berganti lagi menjadi Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman. Siapa Nizam Zachman? Entahlah.

Banyak orang tak kenal PPS Nizam Zachman boleh jadi lantaran statusnya sebagai pelabuhan samudera. Berbeda dari pelabuhan perikanan Muara Angke, yang merupakan pelabuhan rakyat plus pasar ikan, PPS Nizam Zachman merupakan pelabuhan plus kawasan industri. Di pelabuhan yang dibangun dengan dana pinjaman hibah luar negeri (PHLN) ODA Jepang itu bertebaran puluhan pabrik pengolahan ikan dan industri terkait. Termasuk di antaranya PT Bonecom, perusahaan eskportir Tuna yang di-presiden-komisaris-i oleh Sandiaga Uno.

Kalau Jepang ikut berperan di PPS Nizam Zachman, tentu mudah ditebak alasannya. Jepang memang penggemar dan importir ikan tuna, dan produk utama PPS Nizam Zachman adalah ikan tuna. Sang donor sudah melakukan studi kelayakan PPS sejak 1973, sedangkan 1980 adalah tahun dimulainya pembangunan fisik PPS, termasuk melakukan reklamasi pantai. Sekarang ini, PPS Nizam Zachman menyandang status sebagai PPS terbesar di Indoensia, mengungguli 5 PPS lainnya: Belawan, Bitung, Bungus, Cilacap, dan Kendari.

Selain bertetanggaan dengan Pelabuhan Muara Angke dan PLTU Muarakarang yang ada di sebelah Baratnya, PPS Nizam Zachman juga menjadi tetangga Pelabuhan Sunda Kelapa. Tetangga sebelah rumah tepatnya. PPS Nizam Zachman ini berbatasan langsung dengan Pelabuhan Sunda Kelapa yang ada di sebelah timurnya (samping kanan, kalau di peta). Pelabuhan Sunda Kelapa tak lain merupakan pelabuhan umum atau pelabuhan rakyat: pelabuhan penumpang dan barang antar-wilayah dan antar-pulau.

Sebagai pelabuhan samudera, PPS Nizam Zachman merupakan pelabuhan dengan 'dua tuan'. Secara fisik dan teknis, pelabuhan ini milik, atau dibawah kendali, Direktorat Pelabuhan Perikanan, Ditjen Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun operasional bisnisnya menjadi urusan Perum Prasarana Perikanan Samudra. Adapun tetangganya tadi, Pelabuhan Perikanan Muara Angke, merupakan milik Pemprov DKI Jakarta. Mengapa tidak digabung? Biasa. Lain kepala lain kemauan.

Fadel Muhammad, ketika menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, termasuk yang ingin keduanya disatukan. Pemprov DKI sendiri ingin terus mengembangkan Pelabuhan Perikanan Muara Angke. Karena itu pula maka akhir Oktober lalu kabar penggusuran warga Muara Angke pula terdengar. Lagipula, awal Januari 2012 pun pelabuhan ikan itu sudah ketambahan saudara baru: Pelabuhan Muara Angke (tanpa kata perikanan), yang tak lain merupakan pelabuhan untuk melayani kapal penumpang dari dan ke Kepulauan Seribu. Pelabuhan penumpang yang berdampingan dengan pelabuhan ikan ini kerap disebut pula dengan nama Pelabuhan Kaliadem.
 
Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman
Jalan Muara Baru Ujung
Kelurahan Pluit
Kecamatan Penjaringan
Jakarta Utara - 14440

Tel: 021-6617868
Fax: 021-6617868

Website: www.jakartafishport.com (website proyek)


Pengelola:

Direktorat Pelabuhan Perikanan
Ditjen Perikanan Tangkap
Kementerian Kelautan dan Perikanan

Jalan Medan Merdeka Timur No. 16
Jakarta Pusat

Telp: 021-3520728

Website: www.pipp.kkp.go.id


Perum Prasarana Perikanan Samudera
Jalan Muara Baru Ujung
Kelurahan Pluit
Kecamatan Penjaringan
Jakarta Utara 14440

Tel: 021-6694822
Fax: 021-6690523

Website : http://www.bumn.go.id/pps/


Link:

UPT Pengelola Kawasan Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Angke
Dinas Kelautan dan Pertanian
Pemprov DKI Jakarta

Website: www.muara-angke.com

Dinas Kelautan dan Pertanian

Website: www.dkpjakarta.web.id
 
Kalau PPS Nizam Zachman terasa asing, BUMN pengelolanya rasanya juga masih samar-samar di pendengaran banyak orang. Maklum, Perum Prasarana Perikanan Samudera memang tak sepopuler BUMN pengelola pelabuhan umum (PT Pelindo dkk), atau BUMN pengelola pelabuhan udara (PT Angkasa Pura dkk). Mungkin karena statusnya, berdasar kinerja 2011, yang bersama 23 BUMN lainnya, masih tergolong BUMN 'berkondisi sulit', meski secara beramai-ramai sudah bisa menghasilkan laba sebesar Rp 1,486 triliun. Adapun total laba BUMN pada 2011 adalah Rp 123,5 triliun.

Kinerja Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman sendiri kabarnya terbilang baik. Sepanjang 2011, produksi perikanannya mencapai 187 ribu ton, yang 27 ribu ton di antaranya untuk diekspor. Dari segi tenaga kerja, jumlah pekerja terlibat di pelabuhan itu mencapai 39 ribu orang. Sedangkan nilai perputaran uang di PPS Nizam Zachman pada 2011 tercatat mencapai Rp 8,5 triliun.
Tetangga TerdekatKm
Regatta, Burj Al Arab van Muara Angke 1,268
PLTU Muara Karang, Pemasok Listrik Istana Presiden 1,778
Pelabuhan Perikanan Muara Angke 2,912
Pelabuhan Muara Angke, Pelabuhan Kali Adem 3,305
Taman Impian Jaya Ancol 4,738
WTC Mangga Dua 4,908
PT Pengerukan Indonesia, Ancol Baru 6,961
Pabrik Kertas Babelan 7,194
Mal Ciputra - Jakarta 7,634
Satelit Palapa - Master Control Station 7,699
Dari Passer Baroe ke Pasar Baru 8,019
LKBN Antara, Warisan Adam Malik di Pasar Baru 8,021
Istana Merdeka, Istana Negara 8,059
Masjid Istiqlal 8,408
Gedung Daendels, Kantor Menko Perekonomian 8,522
 Hotel di Jakarta Utara
Danau Sunter - Sunlake Hotel
Orchardz Hotel Jakarta
Raddin
Pondok Thirta Cottage
Horison
 Berita Jakarta Utara
Foke: Buka Minimarket Baru di Jakarta Tetap Dilarang!
Foke Targetkan PD Pasar Jaya Retail Terbesar di DKI
Bang Fauzi Resmikan Pelabuhan Muara Angke
Foke Resmikan Pelabuhan Penumpang Muara Angke di Penjaringan
Conpac Laporkan Penggelapan Kontainer Alumunium
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5