Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Cianjur Hotel, Kota Denpasar
Selasa, 08 Agustus 2017 11:17:24
photo: cianjur hotel denpasar / google street view
Cianjur Hotel tak cuma hadir di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Di Kota Denpasar, Bali, hotel kelas Melati ini juga ada. Keduanya memang sama-sama bagian dari kelompok usaha berlogo burung Merak warna hijau. Berada tak jauh dari Mapolda Bali, Cianjur Hotel terbilang laris manis. Setidaknya karena hotel ini pernah 3 kali mendapatkan penghargaan sebagai pembayar pajak hotel kelas Melati terbaik. Hebatnya, untuk penghargaan pajak tahun 2012, hotel ini bersanding dengan Aston Denpasar Condotel, yang sekarang sudah naik kelas menjadi Aston Denpasar Hotel & Convention Center.

Meski 3 kali mendapatkan penghargaan pajak, Cianjur Hotel tak pernah berada di urutan pertama. Untuk anugerah pajak 2012, misalnya, 'juara' 1 dan 2 ditempati Aston Denpasar Condotel dan Parigata Hotel. Peringkatnya lebih baik saat menerima penghargaan pajak 2010, urutan ke-dua, di antara The Gangga Villa dan Villa Waka Maya. Tahun sebelumnya lagi, anugerah pajak 2009, Cianjur Hotel berada di urutan ke-3 setelah Parigata Hotel dan Niki Hotel. Pada ketiga periode pajak itu, hotel berbintang yang selalu berada di urutan teratas pembayar pajak adalah Sanur Beach Hotel. Yang terakhir ini ini bukan nama hotel, melainkan nama jaringan hotel yang hotel-hotelnya selalu masuk peringkat atas pembayar pajak di Kota Denpasar.

Kinerja terkini Cianjur Hotel tak terlalu diketahui. Yang jelas, hotel ini termasuk yang dikaji saat Ketut Ngurah Trisni Sakawati membuat thesis S2 di Universitas Udayana, 2015, bertajuk ''Dampak Perkembangan City Hotel terhadap Usaha Hotel Melati.'' City hotel yang dimaksud adalah hotel yang berada di perkotaan, bukan hotel yang ada di kawasan Pantai Sanur (Kota Denpasar) ataupun Pantai Kuta (Kabupatan Badung). Contohnya, hotel yang memang menggunakan kata 'city' adalah Grand City Inn, Santosa City Hotel, Bali Rama City Hotel. Sedangkan yang tak pakai kata city antara lain Hotel Pop Haris dan Hotel Ratu. City hotel ini dinilai sebagai pesaing karena meski berstatus hotel bintang, tarifnya amat mendekati tarif hotel melati.

Cianjur Hotel sendiri, yang sejak 2008 diketahui ketempatan ATM Bank BNI, merupakan hotel kelas Melati 3. Dinas Pariwisata Kota Denpasar mencatat hotel milik Sukamto Tjia ini punya punya 35 kamar. Kamar yang ada itu, menurut website sang hotel, dipilah menjadi beberapa kelas. Rinciannya: 6 kamar Ekonomi, 20 kamar Standard, 5 kamar Superior, 2 kamar Deluxe, dan 2 kamar VIP. Selain kelas Ekonomi, semua kamar sudah dilengkap AC. Rentang tarifnya: yang terendah, kelas Ekonomi Rp 217 ribu; dan yang tertingi, kamar VIP twin bed Rp 556 ribu.
Cianjur Hotel
Jl. WR Supratman No 39
Desa Sumerta Kaja
Kecamatan Denpasar Timur
Kota Denpasar
Bali


Telp. 0361-222434
Fax: 0361-221456

Website: www.hotelcianjur.com

Hotel Cianjur Group - www.hotel-cianjur.com

Simak juga: Cianjur Hotel. Kabupaten Cianjur