Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

New Metro Hotel, Kota Semarang

Kamis, 17 Agustus 2017 11:14:22
photo: new metro hotel / google street view

Sunlake Group of Hotels punya 3 hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta: Sunlake Hotel, Manhattan Hotel, dan Merlynn Park Hotel. Meski bermain di Jakarta, group ini tak lupa pada hotel yang jadi cikal bakal bisnis hotelnya: New Metro Hotel di Kota Semarang. Hadir mulai 18 Oktober 1977, hotel ini awalnya bernama Metro Grand Park Hotel Semarang, karena dikelola Grand Park Hotel Surabaya. Ketika kemitraan berakhir pada 1983, hotel ini kembali ke nama yang sejak semula diniatkan untuk sang hotel: Metro Hotel. Tambahan kata 'New' disematkan usai menjalani renovasi pada 2011.

New Metro Hotel, meski baru beroperasi pada 1977, upaya pembangunannya sudah dimulai sejak 1970 oleh PT Metro Hotel International, perusahaan milik Luhur Wibowo Hidayat, yang dikenal juga sebagai bos Sango Group (PT Sango Ceramics Indonesia), perusahaan keramik yang berbasis di Semarang. Ketika mulai beroperasi, pengelolaan hotel dipercayakan kepada Grand Park Hotel Surabaya (sekarang New Grand Park Hotel Surabaya) untuk jangka waktu 6 tahun yang berakhir pada 1983. Usai kerjasama itu, mulai 1984, hotel dikelola sendiri dan namanya diganti menjadi Metro Hotel. Pada 2001, setelah melakukan renovasi besar-besaran dan mengganti konsep hotel, namanya diganti menjadi New Metro Hotel. Seperti bisa disimak dari sosok fisiknya yang berarsitektur neo-classical colonial, hotel ini sekarang hadir dengan atmosfir era Kolonial Belanda, selaras dengan lokasi hotel yang dekat dengan kawasan 'Kota Lama Semarang'.

Berbintang 3, New Metro Hotel hadir dengan 90 kamar dan suite. Kamar dan suite yang ada dipilah menjadi 6 kelas: 36 kamar Standar atau Metro Standard; 5 kamar Deluxe atau Metro Deluxe, 9 kamar Executive atau Metro Executive Twin, 9 Superior Suites atau Metro Superior Family, 4 Metro Junior Suite, dan 2 Metro Suite. Untuk layanan konvensi, hotel ini punya Ming Palace Ballroom yang berkapasitas 1.000 orang, Bali Convention Hall (100 orang), serta Asmat Board Room dan Central Park Meeting Room ((25 orang). Untuk urusan makan dan minum, New Metro Hotel menghadirkan Esquire Lounge dan Silver Spoon Coffee Shop.

Sango Group sendiri sekarang sudah jarang disebut sebagai pemilik New Metro Hotel dan kawan-kawan. Meskipun Luhur Wibowo masih tercatat sebagai penanggung jawab Merlynn Park Hotel. Yang selalu muncul adalah nama Sunlake Group of Hotels. Nama Sunlake dipetik dari nama Hotel Danau Sunter, alias Sunlake Hotel, hotel ke-dua milik group ini yang hadir pada 1995. Dan tahun 1995 pula yang setiap tahunnya dirayakan sebagai tahun kelahiran Sunlake Group of Hotels. Meski begitu, soal awal kiprah bisnis hotel group ini, Chief Operating Officer (COO) Sunlake Group of Hotels Maya Lilaani menyebut tahun 1984, atau saat New Metro Hotel mulai dikelola sendiri.

Peta & Citra Satelit

Hotel Semarang

New Metro Hotel
Jl. Haji Agus Salim 2 - 4
Kelurahan Kauman
Kecamatan Semarang Tengah
Kota Semarang
Jawa Tengah

Tel: 024-3547371, 3560792

Website: www.metrohotel.co.id

Simak juga:
Manhattan Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan
Sunlake Hotel, Dana Sunter Hotel, Jakarta Utara