//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Gunung Gamalama Masih Terus Mengepul

Kamis, 11 Nopember 2010 22:35:19
photo: jobojero/indoplaces

Gunung Merapi sudah meletus. Gunung Gamalama segera menyusul? Entahlah. Yang pasti, sejak aktif kembali pada Mei 2008, dengan menyemburkan asap hitam hingga ketinggian 500 meter, status Waspada II bagi Gunung Gamalama masih belum dicabut. Di website Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kementerian ESDM, status Gunung Gamalama mash 'lampu kuning'.

Walhasil, ketika Indoplaces bertandang ke Ternate akhir Oktober lalu, pemandangan Gunung Gamalama yang tengah mengebulkan asap pun bisa terlihat dengan mudah cuaca terang. Asap putih yang mengepul konstan pun menjadi panorama rutin jika memandang Gunung yang memang jelas terlihat dari, dan memang dekat dengan, kota Ternate, ibukota Maluku Utara.

Gunung Gamalama terakhir kali meletus pada 1983. Tiga tahun sebelumnya, 1980, letusannya bahkan lebih dahsyat. Ketika itu warga Pulau Ternate sampai harus mengungsi ke pulau lain: Pulau Halmahera, Tidore dan Pulau Bacan.

Selain Gamalama, gunung lain di Maluku Utara yang aktif adalah Gunung Ibu. Bahkan, sejak 5 Agustus lalu, PVMBG telah menyematkan label lampu kuning tua/oranye berkedip-kedip atau 'Siaga' untuk gunung yang berada di Pulau Halmahera itu. Status yang lebih tinggi dari 'waspada' itu juga disematkan bagi Gunung Karangetang di Sulawesi Utara.

Puncak Gamalama

Jika ditarik garis lurus, jarak dari puncak Gunung Gamalama ke kota Ternate, ibu kota Maluku Utara, hanya sekitar 4,5 kilometer.

Legenda:
G = Gunung Gamalama
T = Kota Ternate
S = Bandara Sultan Babullah