Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Sari Bahari Restaurant, Jatiroto, Kabupaten Kebumen

Senin, 16 Maret 2015 23:36:19
photo: che/indoplaces

Sari Bahari Restaurant dan SPBU Sari Bahari. Keduanya berada di satu tempat dan sama-sama bagian dari Candisari Group, kelompok usaha yang selama ini dikenal sebagai pemilik Hotel Candisari di Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Sari Bahari, yang tergolong restoran besar, lebih suka mengimbuhi namanya dengan sebutan 'restaurant' ketimbang 'rumah makan'. Mungkin untuk sekaligus menunjukkan kelasnya, dan membedakanya dari berbagai rumah makan tempat rehat bus antar-kota.

Berada di jalur lintas selatan Jawa Tengah, Sari Bahari Restaurant berada di wilayah Desa Jatiroto, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Sebagai restoran yang secara resmi punya 40 meja dan 230 kursi ini, dia masuk kelas 'piring perak'. Memang bukan kelas yang tertinggi, tapi sudah lebih jelas statusnya ketimbang rumah makan lain. Dia juga masih kalah kelasnya dari restoran induknya, Restoran Candisari, yang satu lokasi dengan hotel Candisari, yang menyandang status kelas restoran tertinggi: Talam Gangsa.

So, apa menu restoran Sari Bahari? Mestinya bisa ditebak dari namanya. Hanya saja, jangan pakai pola pikir Jakarta atau Pantura. Kalau pakai pola pikir ini, 'Sari Bahari' biasanya merujuk pada nama 'warteg' yang biasa bertebaran di Jabodetabek dan juga jalur Pantura. Yang benar adalah Sari Bahari dimaknai sebagai sajian kebaharian alias seafood. Lebih kongkit lagi, sesuai imbuhan lain yang melekat di papan nama sang restoran:: 'Raja Bakar'. Jadi, yang dijagokan adalah sajian seafood bakar.

Peta & Citra Satelit

Restoran Kebumen

Sari Bahari Restaurant
Jl. Raya Gombong Barat Km 5
Desa Jatiroto
Kecamatan Buayan
Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah


Tel: 0287-472897
Fax: 0287-472896

SPBU 4454401

SPBU Sari Bahari biasa di sebut juga sebagai SPBU Jatiroto. Nama resmi Pertamina-nya: SPBU 4454401. Adapun nama bisnisnya adalah SPBU dan Rest-area Sari Bahari. Dan bagi Candisari Group, kelompok usaha milik Hj Sutini Seger Sudradjat, ini bukan satu-satunya SPBU yang berkonsep SPBU plus Rest-area. Candisari Group punya tiga SPBU lain berkonsep sama: SPBU dan Rest-area Ambarketawang, Gamping, Yogyakarta; SPBU dan Rest-area Karanganyar, Kebumen; dan SPBU dan Rest-area Baledono, Salaman, Magelang.

Bisnis Candisari Group lainnya, selain hotel, restoran, da SPBU adalah Pasar Swalayan 'Pusaka Indah', yang saat ini sudah punya 5 cabang.