Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Bundaran HI, Tugu Selamat Berhari Minggu

Jumat, 04 Februari 2011 12:27:37
photo: rian hapsari/indoplaces

Selamat pagi, selamat siang, selamat sore, selamat malam, dan selamat berhari Minggu. 5 ucapan inilah yang ingin dikatakan lewat 5 formasi air mancur yang ada di Bundaran HI atau Bundaran Hotel Indonesia. Ini adalah ulah Pemda DKI, yang menyematkan hal itu setelah merenovasi monumen yang aslinya bernama 'Tugu Selamat Datang' itu pada 2002. 5 berarti pula 5 wilayah Kota Jakarta (sekarang sudah 6, plus Kabupaten Kepulauan Seribu). 5 juga berarti Pancasila.

Adalah PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk ( www.jayakonstruksi.com ) yang mengisahkan hal itu. Maklum, perusahaan publik ini pula yang menjadi kontraktor renovasinya. Konon, biaya renovasinya mencapai Rp 14 miliar. Tapi Pemda DKI tak pusing karena biayanya ditutupi oleh hasil penjualan 10 titik ruang iklan di sekitar bundaran.

Tugu Selamat Datang dibangun pemerintah pada 1962 untuk menyambut kontingen internasional peserta Asian Games. Dua pilar penyangga Patung Selamat Datang punya ketinggian 30 meter. Sedangkan patung yang terbuat dari tembaga ketinggianya mencapai 7 meter. Warna patung agak kemerahan dan ada simbol lingga-yoni, yang konon merupakan simbol favorit Bung Karno dalam merancang bangunan. Adapun kolam air yang mengitari patung punya lebar maksimal 100 meter.

Garis sumbu Tugu Selamat Datang dibuat tepat menandakan utara-selatan: Utara menunjuk daerah Tanjung Priok, Selatan menunjuk daerah Kebayoran Baru.

Peta & Citra Satelit

Lingga Yoni ala Bung Karno

Legenda:
B = Bundaran HI, Tugu Selamat Datang
M = Hotel Mandarin
G = Grand Indonesia
C = BCA Tower
P = Plaza Indonesia