Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Kantor Kepala Desa Situsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor

Rabu, 15 Oktober 2014 16:25:27
photo: centhini/indoplaces

Kenal dengan Desa Situsari, di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor? Jangan kalah dong dengan Pangkostrad Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo. Pada 2011, saat masih menjadi Pangkostrad dan sebelum menjadi KSAD, adik ipar Presiden SBY ini sempat ikut bicara soal bentrokan aparat TNI dengan warga Desa Situsari di lokasi proyek sebuah hotel di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol (yang hingga 2014 ini belum kunjung buka). Beberapa aparat TNI yang terlibat bentrokan kebetulan berasal dari jajaran komandonya: Arhanud I Kostrad.

Bentrokan itu kabarnya terjadi karena proyek 'Hotel L' berniat menutup jalan yang biasa dilewati penduduk. Jalan tersebut kebetulan termasuk dalam tanah milik hotel. Untuk memuluskan rencana itu, pelaksana proyek pun meminta bantuan pengamanan dari aparat TNI. Tapi apa mau dikata, pada Sabtu, 11 Juni 2011, terjadi ketidakakuran antara warga dengan tim pengamanan. Seorang warga harus dilarikan ke rumah sakit, dan akhirnya 5 aparat TNI diamankan ke POM TNI.

Lokasi bentrokan itu --proyek hotel dekat Danau Tunggilis dan simpang tiga Pesantren Darul Marhamah-- lumayan jauh dari lokasi Kantor Kepala Desa Situsari, yang berada di pedalaman Situsari. Tepatnya, kantor Kepala Desa Situsari berada di selatan Hotel L. Meski begitu, kalau ditimbang-timbang, kantor kepala desa ini benar-benar berada di tengah wilayah desa Situsari.

Berada jauh dari keramaian, Kantor Kepala Desa Situsari terlihat sederhana. Meski punya gerbang yang cukup bergaya, penampilan seluruh area kantor desa terlihat ammat bersahaja. Kalaulah ada yang mau dibilang istimewa, kantor kepala desa yang berada di Kampung Karet ini kebetulan berada satu lokasi dan berbagi halaman dengan Masjid Jami At-Taqwa. Sosok masjid ini kebetulan pula lebih gagah dari sosok kantor desa.

Peta & Citra Satelit

Kades Situsari

Kantor Kepala Desa Situsari
Jl. Kampung Karet, Rt 02/Rw 01 No. 1
Desa Situsari
Kecamatan Cileungsi
Kabupaten Bogor
Jawa Barat

Kampung Karet, Kampung Binong

Apa kabar terbaru dari Situsari? September 2014 lalu, warga Desa Situsari di Kampung Binong, RT 02/05, sempat melakukan aksi penghadangan terhadap alat berat perusahaan swasta yang ingin 'menambang' tanah merah di kampung mereka. Warga menolak kehadiran aktivitas keruk tanah merah itu karena khawatir air akan menghilang dan jalan semakin berdebu akibat aktivitas truk tanah. Semoga tak terjadi bentrok lagi.

Panitia Pemungutan Suara

Sebagian ruang kantor di komplek Kantor Kepala Desa Situsari juga menjadi Kantor Sekretariat Panitia Pemungutan Suara.

Kantor Kepala Desa Situsari punya tetangga yang sosoknya terlihat besar dari langit. Sosok besar di seberang jalan itu tak lain adalah pabrik karoseri bus Duta Karoserie.