Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Pemerintah Kabupaten Belitung Timur
Rabu, 31 Oktober 2012, 22:58:57
photo: Debi Hartanto / panoramio
Negeri Laskar Pelangi. Begitulah sebutan bagi Kabupaten Belitung Timur. Sebutan ini tentunya tak lepas dari populernya novel 'Laskar Pelangi' (2005) dan film 'Laskar Pelangi' (2008), yang memang berkisah tentang anak-anak SD Muhammadiyah di Desa Gantung (Gantong), Belitung Timur.

Negeri Ahok. Sebutan yang satu ini, kalau mau, juga tak ada salahnya dipakai. Soalnya, Ahok sekarang ini juga tak kalah populer. Ahok yang dimaksud tak lain adalah Basuki Tjahaja Purnama, yang bersama Jokowi (Joko Widodo), baru saja sukses dilantik jadi pasangan pemimpin DKI Jakarta. Di Belitung Timur, Ahok bukan sosok sembarangan. Dia adalah bupati pertama Kabupaten Belitung Timur yang terpilih lewat pilkada pada 2005. Ia putra daerah kelahiran Manggar, ibukota Belitung Timur, yang berdomisili di Kecamatan Gantung. Semasa kecil, SD dan SMP, Ahok bersekolah di Gantung pula. Pendidikan selanjutnya ia jalani di Jakarta: SMA PSKD, Universitas Trisakti, dan Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya.

Pada masa sebelum Ahok, atau sejak lahir pada 25 Februari 2003, lewat UU No. 5 Tahun 2003, Belitung Timur sudah pernah dipimpin 2 pejabat Bupati. Pejabat bupati pertama mundur pada 2005 karena akan ikut pilkada pertama di Belitung Timur, 'bertarung' melawan Ahok, dan digantikan pejabat bupati kedua. Pejabat bupati yang kedua memimpin hingga Agustus 2005, atau hingga saat Ahok --yang menang pilkada-- dilantik sebagai Bupati periode 2005-2010. Ketika itu, Ahok mengusung bendera Partai Indonesia Baru (PIB).

Ahok tak tuntas menjalankan periode kepemimpinan sebagai Bupati Belitung Timur. Pada 2006 ia mundur demi mengikuti Pilkada Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka dan Belitung, dan kalah. Vakum sebentar, ia kembali ke kancah politik sebagai anggota DPR-RI dari Partai Golkar untuk periode 2009-2014. Kiprahnya di Senayan tak dituntaskan juga karena lebih memilih untuk mendampingi Jokowi sebagai wakil gubernur. Akan tuntaskah masa jabatannya? Tunggu saja.

Sepeninggal Ahok, giliran sang ibukota kabupaten, Mandar, yang mencoba tampil populer. Mandar memproklamirkan diri sebagai 'Kota Wisata 1001 Warung Kopi'. Proklamasi ini dicanangkan Gubernur Babel, setelah Manggar meraih rekor MURI untuk aksi minum kopi susu massal, dengan peserta terbanyak: 17.070 orang, pada Agustus 2009. Rekor ini menggusur rekor sebelumnya yang diraih Kabupaten Tanggamus (Lampung) pada Agustus 2007: 15.000 orang.

Tahun lalu, Oktober 2011, Belitung Timur kembali mencetak rekor MURI. Kalau sebelumnya disponsori produsen kopi sachetan, rekor MURI kedua ini disokong PT PLN Cabang Tanjungpandang. Gelaran yang mendapat rekor adalah aksi pemasangan 1.250 lampu LED. Lampu-lampu itu dipasang untuk menggantikan LHE (lampu hemat energi). Konon lampu LED lebih hemat energi lagi dari lampu LHE.

Seolah tak mau tinggal diam, 'Laskar Pelangi' pun terus dihidupkan sebagai potensi wisata. Berbagai biro perjalanan di Belitung Timur banyak menawarkan paket wisata Laskar Pelangi. Selain berwisata ke berbagai obyek wisata di Belitung Timur, obyek yang jadi jagoannya adalah kunjungan ke SD Muhammadiyah yang akrab di mata penonton film Laskar Pelangi. Yang dikunjungi bukan gedung sekolah aslinya, melainkan replikanya, yang dipakai untuk shooting film, dan masih 'diabadikan' hingga sekarang. Adapun lokasi asli SD Muhammadiyah 'Laskar Pelangi' kini sudah ditempati Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Gantung.

Yang masih getol memanjangkan 'masa bakti' Laskar Pelangi tak cuma warga Belitung Timur saja. Miles Production, sang pembuat film Laskar Pelangi, kini rajin menggelar pertunjukan Musikal Laskar Pelangi. Gelaran terakhir di tanah air berlangsung di Yogya, Mei 2012 lalu. Dan awal Oktober lalu, Musikal Laskar Pelangi dipertontonkan digelar di gedung theater Esplanade, Singapura.
 
Pemerintah Kabupaten Belitung Timur
Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Belitung Timur Menggarawan, Manggar
Belitung Timur

Website: www.belitungtimurkab.go.id



Link:
Basuki Tjahaja Purnama - www.ahok.org
PT Nurindra Eka Persada (perusahaan Ahok) - www.nurindra.co.id
Muhammadiyah Belitung Timur - http://belitungtim.muhammadiyah.or.id
Musikal Laskar Pelangi - www.musikallaskarpelangi.com
Kecamatan di Kabupaten Belitung Timur:
  1. Manggar
  2. Gantung
  3. Dendang
  4. Kelapa Kampit
  5. Damar
  6. Simpang Renggiang
  7. Simpang Pesak
 Hotel di Belitung Timur
 Berita Belitung Timur
Belitung Timur Defisit 22.07 Persen
Realisasi PAD Beltim Capai Rp 23,9 Miliar
Ahok: Saya Tak Akan Seperti Prijanto dengan Foke
RAPB Belitung Timur Rp 466 Miliar
Pemasangan 1200 Lampu LED Beltim Pecahkan Rekor Muri
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5