Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Puri Cikeas, Gunung Putri
Rabu, 07 Maret 2012, 15:26:58
photo: ikung adiwar / panoramio
Siapa yang sekarang tak kenal Puri Cikeas. Komplek perumahan yang kecil tapi berisi para jenderal TNI ini hadir di Cikeas sejak 1997. Namanya jadi semakin top setelah salah satu penghuninya, SBY, jadi presiden dan lebih suka tinggal di Cikeas ketimbang di rumahnya yang lain. Rumah SBY, yang berada di barisan depan, berdiri di atas tanah seluas 7.500 meter persegi. Jarak rumah SBY dari gerbang depan perumahan hanya 100 meter.

Petinggi TNI lain yang diketahui jelas-jelas tinggal disana adalah mantan KSAU Marsekal TNI-AU Djoko Suyanto. Pak Marsekal ini dilantik SBY menjadi KSAU pada Februari 2005. Hampir setahun kemudian, Januari 2006, masih di era SBY juga, dia diangkat menjadi Panglima TNI pertama yang bukan berasal dari Angkatan Darat. Sekarang, di era kepresiden SBY babak kedua, Djoko Suyanto menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Ketika masih jadi 'perumahan biasa', di Puri Cikeas hadir Sekolah Alam Cikeas, milik Yayasan Puri Cikeas (Yayasan Kepedulian Sosial Puri Cikeas). Sekarang, kalau ada kegiatan serius di Puri Cikeas, sekolah ini kerap diliburkan. Sekolah plus ini menyelenggarakan pendidikan mulai dari TK dan SD.

Nama perumahan Puri Cikeas sendiri entah dipetik dari mana. Mungkin dari nama Kali Cikeas yang berada di belakang Puri Cikeas, yang memisahkannya dari kawasan perumahan Citra Grand. Atau mungkin juga dari nama desa tetangga, Cikeas Udik. Sedangkan Puri Cikeas sendiri masuk wilayah Desa Nagrak.
Puri Cikeas
Jalan Letda Natsir
Desa Nagrak
Kecamatan Gunung Putri
Kabupaten Bogor


Link: Sekolah Alam Cikeas - www.sacikeas.com