Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Jakarta Gems Center - Mal Batu Akik
Jumat, 01 April 2011, 21:29:32
photo: centhini/indoplaces
Kalau ada pasar yang bikin pusing Pemprov DKI Jakarta, Pasar Rawabening pasti masuk dalam daftar. Soalnya nasibnya dari dulu terbilang tak bagus. Pernah ditempati Matahari dan Ramayana, pasar di seberang Stasiun Jatinegara ini akhirnya mencoba mengubah nasib dengan menjadi salah satu 'pasar tematik' Jakarta: pasar batu akik. Nama kerennya, Jakarta Gems Center, sentra penjualan aneka perhiasan bertatahkan batu: mulai dari batu akik, batu aji, batu mulia, sampai batu permata. Tema ini dipilih karena dari dulu memang Pasar Rawabening banyak dihuni pedagang batu akik dan batu aji, serta tukang cuci dan tukang sepuh perhiasan.

Jakarta Gems Center diresmikan Mei tahun lalu oleh Gubernur Fauzi Bowo. Pasar ini melengkapi deretan pasar tematik atau pasar dengan satu tema dagangan utama. Sebelumnya Jakarta sudah punya Pasar Tanah Abang, Pasar Cipulir, dan Pasar Jatinegara (di sebelah barat Gems Center), sebagai pasar tematik tekstil dan produk tekstil. Juga ada pasar tematik yang berkonsentarsi pada suku cadang kendaraan dan onderdil: Pasar Asemreges, Pasar Cipete, dan Pasar Duren Sawit.

Pasar versi baru ini merupakan hasil kerjasama PD Pasar Jaya --BUMD Pemprov DKI-- dengan PT Pundimas Atrium. Bangunan tiga lantai, plus satu basement, menghadirkan area dagang seluas 10.866 meter persegi. Area itu dipecah menjadi 897 kios, 372 counter, 56 kios makanan dan minuman, plus --yang memang penghuni lama-- 30 kios ikan hias. Dan sebagai pusat per-batu-an, Pasar ini juga dilengkapi galeri pameran dan laboratorium sertifikasi.
 
Jakarta Gems Center
Jalan Jatinegara Barat
Kelurahan Balimester
Kecamatan Jatinegara
Jakarta Timur


PT Pundimas Atrium
GDP Bank Mandiri Suite 302
Jalan Tanjung Karang No 3-4A
Jakarta Pusat
 Hotel di Jakarta Timur
Park Hotel, Hotel Pembangunan Perumahan
Puri Mega
Puri Jaya
Pondok Tirta Sentosa
 Berita Jakarta Timur
Jokowi Bangun Gedung Opera di Waduk Riario
Tol Becakayu: Investor Tunda Pencairan Kredit
Presiden Instruksikan Aparat Tindak Tegas Demo Anakis
Foke: Buka Minimarket Baru di Jakarta Tetap Dilarang!
Cawang akan Disulap Jadi Pusat Bisnis
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5