Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

BPT Kabupaten Bogor: Saudi Mini dan Puncak II

Selasa, 22 Maret 2011 15:05:11
photo: jobojero/indoplaces

Badan Perizinan Terpadu (BPT) Kabupaten Bogor menutup 2010 dengan aksi menjemput bola. Wujudnya, menggelar 'Bogor Investment Expo 2010' di Jakarta Convention Center pada 15-17 Desember 2010. Meski tidak besar-besaran dengan memakai Hall, tapi cukup Merak Room yang berada di lobby bawah JCC, hal ini setidaknya menunjukkan keseriusan BPT dalam mengundang investor untuk masuk wilayah Bogor. Dan bukan cuma sekedar lembaga yang berurusan dengan HO, IMB, SIUP, dkk.

Lewat gelaran itu pula Bupati Bogor mengungkap 'rencana besar' Kabupaten Bogor. Termasuk diantaranya rencana menyulap Sentul, selain menjadi kawasan wisata otomotif, sekaligus pula menjadi kawasan wisata religi. Caranya: membangun miniatur Mekah dan Madinah di Sentul.

Rencana membangun 'Saudi Mini' itu tak lepas dari rencana besar yang sesungguhnya: membangun Jalur Puncak II. Ini tak lain proyek membangun jalan yang mengubungkan kawasan Sentul dengan Taman Bunga Nusantara di Cipanas, Cianjur; serta Sentul dengan 'kota mandiri' Deltamas di Cikarang, Bekasi. Ketiga titik itu akan terhubung oleh jalan 6 jalur, lebar 30 meter, sepanjang 43 kilometer.

Agar tak dibilang sebagai 'mimpi besar', ketika itu diungkapkan sejumlah fakta kongkrit untuk proyek yang punya nama resmi 'Poros Tengah Timur' itu. PT Sirkuit Sentul, misalnya, sudah menghibahkan tanah untuk jalan tadi sepanjang 4,5 km x 30 meter. Perhutani juga: 4 km x 30 meter. Dan yang terpanjang, PT Bukit Kharisma Sukamakmur/Mega Kuningan Group: 12 km x 30 m.

Proyek ini ditaksir akan menelan anggaran sebesar Rp 759 miliar. Pemerintah pusat, pada tahun anggaran 2011, sudah komit mengucurkan dana Rp 250 Milyar.




Badan Perizinan Terpadu Kabupaten Bogor
Kompleks Pemda Cibinong
Jalan Tegar Beriman
Kecamatan Cibinong
Kabupaten Bogor

Website: http://bpt.bogorkab.org

Peta & Citra Satelit