Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Samsat Kabupaten Bogor
Selasa, 22 Maret 2011, 02:30:05
photo: jobojero/indoplaces
Januari lalu, Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan meresmikan sekaligus 10 outlet atau gerai Samsat yang tersebar di berbagai kota. Termasuk outlet samsat yang berada di Mal ITC Cibinong, yang berada dibawah kendali Samsat Kabupaten Bogor. Ngapain sih gubernur repot-repot ngurusin gerai di mal? Yah, namanya juga gerai samsat. Sumber PAD. Terlebih lagi, dalam hal pembagian pendapatan dari samsat, pemerintah provinsi mendapat porsi besar: 70 persen. Sedangkan Pemkab Bogor cukup 30 persen saja.

Seberapa besar sih pendapatan Kantor Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Kabupaten Bogor? Awal Desember 2010, Kasi Pajak Samsat Kabupaten Bogor H Deddy Darmawan hanya bilang kalau target pendapatan tahun 2010 telah terlampaui, hingga 130% lebih. Tapi ketika Februari lalu bertandang ke Cileungsi, untuk memonitor aktivitas di Samsat Keliling di Cileungsi, ia bilang pendapatan dari pajak kendaraan mencapai Rp 290 miliar: jauh di atas target yang ditetapkan sebesar Rp 240 miliar.

Angka perolehan itu tentu terbilang lumayan karena bulan lalu Musrenbang Kabupaten Bogor baru saja merancang RAPBD 2012 yang menetapkan PAD sebesar Rp 730,7 miliar.
 
Samsat Kabupaten Bogor
Kompleks Perkantoran Pemda Kabupaten Bogor
Jalan Kelurahan Tengah
Kecamatan Cibinong
Kabupaten Bogor

Tel: 021-8758924
 
Dulu segala urusan bayar pajak kendaraan bermotor (PKB) dilakukan di gedung yang satu ini, yang berada di bagian belakang kantor Samsat Kabupaten Bogor. Tapi sekarang sudah banyak cara untuk bayar PKB. Antara lain lewat gerai yang diresmikan gubernur Jabar di ITC Cibinong dan juga di Grage Mal Cibinong.

Sebelum ada keduanyapun, sejumlah 'inovasi' cara pengumpulan pajak sudah dilakukan. Antara lain Samsat Keliling yang secara berkala hadir di berbagai kecamatan di Kabupaten Bogor. Juga, sejak Desember 2010, Kantor Samsat sudah melakukan uji coba layanan Drive-Thru ala McDonalds.

Yang terbaru, Pemkab Bogor sedang mengusulkan kepada Dispenda Jawa Barat agar dilakukan penggratisan proses mutasi nomor plat kendaraan B (Jakarta) ke F (Bogor).
 Hotel di Cibinong
 Berita Cibinong
Bupati Bogor Buka Peluang Investasi di Cibinong Raya
Soleh Dibantah Bergizi Buruk
Soleh, Bayi Bergizi Buruk, Akhirnya Meninggal
BPT Kabupaten Bogor Stop Izin Tower Telekomunikasi
Bank Jabar Cibinong Tebar CSR Rp 1,31 Miliar
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5