Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Wisma Metropolitan II, Jakland, dan Hongkong Land

Selasa, 01 Maret 2011 21:45:11
photo: jobojero/indoplaces

Metropolitan I, Metropolitan II, dan World Trade Center. Dua yang pertama berlantai 17, WTC berlantai 18. Bila ketiga gedung yang berada di Jalan Sudirman ini dijadikan satu, maka jadilah Metropolitan Complex. Pemiliknya tentu saja perusahaan yang juga menyandang nama Metropolitan, yakni PT Metropolitan Kencana (Metropolitan Group).

Tapi, itu dulu. Sekarang Metropolitan Complex --yang sedang ditambahi World Trade Center II-- sudah jadi milik Central Cipta Murdaya Group (CCM Group) dan Hongkong Land. Kedua kelompok usaha ini sama-sama memiliki saham 50 persen di PT Jakarta Land (Jakland), perusahaan yang membangun dan mengelola Metropolitan Complex.

Kepemilikan asing (Hongkong Land) terhadap Metropolitan Complex bukan hal baru. Ketika Metropolitan Group menjadi pengendali di Jakland, lewat PT Metropolitan Kencana, grup ini juga hanya memiliki 51 persen saham. Sisanya dimilik Jardine Matheson & Co. Ltd. (24.5%) dan Shing Kwan Pte. Ltd. (24.5%). Jardine Matheson tidak menghilang dari daftar pemilik karena Jardine Matheson Group sekarang merupakan induk Hongkong Land.

Peta & Citra Satelit

World Trade Center

Wisma Metropolitan I, II dan WTC
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 29-31
Jakarta 12920


Pemilik dan Manajemen:
Jakarta Land
Wisma Metropolitan I, 8th Floor
Jl. Jend. Sudirman, Kav. 29
Jakarta Pusat

Tel: 021-5254737, 5712383
Fax: 021-5207585

Website: www.jakland.com

Hongkong Land - www.hkland.com

World Trade Center II

Kini di area Metropolitan Complex, yang total luasnya sekitar 8 hektar, sedang dibangun World Trade Center II. Gedung WTC lama pun sekarang mulai menggunakan nama World Trade Center I. Lokasi WTC II ini tak lain tanah yang selama ini jadi lahan parkir belakang, sekaligus gerbang belakang, yang biasa dipakai untuk menghindar aturan 3-in-1 di Jalan Sudirman.

WTC II bakal memiliki 30 lantai, yang 5 lantai di antaranya bakal dipakai untuk parkir. Lantai 1 dan 2 akan menjadi 'Banking Hall'. Meski baru akan rampung dan bisa digunakan tahun depan (2012 ), Mei 2010 lalu WTC II sudah berhasil menggaet Permata Bank untuk mengisi Banking Hall itu untuk jangka waktu 10 tahun. Selain mengisi Banking Hall, Permata Bank juga bakal menempati 7 lantai teratas: lantai 23-30.

Bank Permata sendiri selama ini sudah menempati Bank Permata Tower, gedung yang tepat berada di seberangnya, di pinggir jalan Sudirman.

Website: www.wtc2.co.id