Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pemerintah Kabupaten Bintan

Kamis, 24 Februari 2011 23:37:08
photo: dinas pu bintan

Update - Sejak Januari 2012, Pemkab Bintan sudah pindah ke Bandar Seri Bentan.

- - -

Ketika Presiden Megawati meneken UU pembentukan Provinsi Kepulauan Riau pada 2002, tak ada nama Kabupaten Bintan. Nama ini baru digunakan resmi setelah Presiden SBY, pada 2006, mengeluarkan PP yang mengubah nama Kabupaten Kepulauan Riau menjadi Kabupaten Bintan. Tujuan ganti nama itu sederhananya adalah agar tidak terjadi kerancuan antara nama kabupaten dengan nama provinsi.

Kabupaten Kepulauan Riau sendiri bukan kabupaten baru. Dia sudah hadir sejak 1956 sebagai kabupaten di Provinsi Suamtera Tengah, yang kemudian berkembang menjadi Provinsi Riau.

Selain mengalah dalam soal nama, Kabupaten Bintan sebelumnya juga sudah mengalah dalam soal pusat pemerintahan. Dari dulu, kabupaten ini selalu beribukota di Tanjungpinang. Karena UU pembentukan Provinsi Kepulauan Riau menetapkan Tanjungpinang sebagai ibukota provinsi, maka sang kabupaten pun mengalah. Ibukota Kabupaten Bintan hijrah ke kota Kijang.

Tapi, Kijang hanya ibukota sementara. Sejak 2004, Presiden Megawati sudah mengesahkan pemindahan ibukota Kabupaten Bintan ke Bintan Buyu, di kecamatan Teluk Bintan, di tengah-tengah Pulau Bintan, di tepian Teluk Bintan. Hanya saja, karena satu dan lain hal, sampai sekarang kompleks kantor pemerintahan itu belum seratus persen rampung, Bupati Bintan masih terus memimpin dari kota Kijang, yang berada Kecamatan Bintan Timur, di sebelah selatan Pulau Bintan, di bangunan bekas mess PT Aneka Tambang.

Peta & Citra Satelit

Kantor Bupati Bintang

Pemerintah Kabupaten Bintan

Kantor Baru
Bandar Seri Bentan
Jl. Raya Tanjungpinang-Tanjung Uban Km 42
Desa Bintan Buyu
Kecamatan Teluk Bintan
Kabupaten Bintan
Kepulauan Riau

Tel: 0771-8080058
Fax: 0771-8080059

Website: www.bintankab.go.id


Kantor Lama
Kantor Bupati Bintan
Jalan Alumina, Kijang Kota
Kecamatan Bintan Timur


Bandar Seri Bentan - www.bandarseribentan.com

Bappeda Bintan - www.bappeda.bintankab.go.id

Notes: Google masih belum punya citra satelit kawasan Bandar Seri Bentan. Citra satelit di atas diperoleh dari Here.com. Silakan klik foto di atas atau datang langsung ke Here.com - Kantor Bupati Bintan

Gedung Baru Dinas Pendidikan

Kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Bintan berada di Desa Bintan Bunyu. Kawasan ini rencananya hendak dijadikan 'kota mandir' bernama Bandar Seri Bentan. Di kawasan seluas 8.000 hektar ini, kelak akan dibangun pula hotel, pusat perbelanjaan, sekolah, dan lain-lain.

Gedung Bappeda

Ditargetkan komplek perkantoran bupati-nya sudah bisa dihuni pada akhir 2011. Sekarang masih nunggu listrik dan PDAM. Kota mandirinya akan dikembangkan secara bertahap.

Kecamatan di Bintan

Kecamatan di Kabupaten Bintan
  1. Kecamatan Bintan Utara
  2. Kecamatan Teluk Sebong
  3. Kecamatan Teluk Bintan
  4. Kecamatan Gunung Kijang
  5. Kecamatan Bintan Timur
  6. Kecamatan Tambelan
  7. Kecamatan Toapaya
  8. Kecamatan Mantang
  9. Kecamatan Bintan Pesisir
  10. Kecamatan Sri Kuala Lobam