Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Istana Anak-anak Indonesia - TMII
Kamis, 17 Februari 2011 20:08:55
photo: jobojero/indoplaces
Istana Anak-anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah dibangun dengan mengambil inspirasi dari istana dalam dongeng Cinderela karya Hans Christian Andersen. Istana setinggi 4 lantai ini penuh dengan menara tinggi, serta memiliki dua banguan sayap kanan dan kiri. Sesuai resminya, Graha Widya Tama, alias rumah belajar utama, maka isi Istana ini serba berbau pendidikan. Di dalamnya antara lain ada peragaan wayag dan alat musik tradisional. Juga ada peraga iptek untuk anak-anak.

Tak melulu untuk pendidikan serius, Istana Anak-anak Indonesia juga boleh digunakan sebagai arena bermain. Tetapi jika ingin anak-anak bermain dengan bebas ya tentunya diluar bangunan istana. Di halaman depan, misalnya, terdapat rumah bola, telepon cerita, gua sigura-gura, kincir, giring ombak, roda tamasya, dan kereta api kelinci. Sedangkan di halaman belakang Istana ada air terjun, kolam renang Sendang Sejodo, dan hutan buatan.

Di halaman belakang Istana juga terdapat bangunan berbentuk bulat yang disebut Panggung Kancil. Ini tak lain adalah panggung pertunjukkan. Area di depannya hingga dinding belakang Istana dirancang untuk bisa mengakomodasi 1.000 penonton.