Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

PT Holcim Indonesia Tbk

Rabu, 16 Februari 2011 10:39:28
photo: jobojero/indoplaces

Terlahir sebagai 'Semen Cibinong' pada 1971, pabrik semen ini merupakan pabrik semen swasta pertama di Indonesia. Saat itu kapasitasnya baru 600 ribu ton semen per tahun. Pada 1977 Semen Cibinong go public dengan mencatatkan diri di Bursa Efek Jakarta.

Grup Tirtamas, lewat PT Tirtamas Majutama, mengakuisi seratus persen saham perusahaan ini pada 1998. Pada 1993, usai meningkatkan kapasitas produksi menjadi 1,5 juta ton, grup yang dipimpin Hasjim Joyohadikusumo itu mengakuisi PT Semen Nusantara, Cilacap. Aksi akuisisi berlanjut dua tahun kemudian dengan mengambil alih PT Semen Dwima Agung, perusahaan semen yang belum beroperasi tapi punya 800 hektar lahan quarry di Tuban, Jawa Timur.

Krismon pun kemudian datang. Pada tahun 2000 PT Semen Cibinong Tbk masuk 'ruang perawatan'. Dan akhirnya pada Desember 2001, mayoritas saham (77,33 persen) PT semen Cibinong Tbk berpindahtangan ke Holcim Ltd, raksasa semen berdarah Swiss. Sementara sisanya: 12,25% berada di tangan publik lewat bursa efek, dan yang 10,41% lagi dipunyai perusahaan asing lain.

Perlahan nama 'Semen Cibinong' pun diganti menjadi Holchim. Gambar pedang pusaka sunda 'Kujang' berganti lingkaran dan hurup H. Nama perusahaan pun akhirnya resmi berganti menjadi PT Holcim Indonesia Tbk pada 2006. Kapasitas produksi semua pabrik sekarang ini mencapai 8,3 juta ton semen dan clinker per tahun.

Peta & Citra Satelit

Gerbang Pabrik Semen Holcim

Pabrik Holcim yang satu ini berada di Jalan Raya Narogong, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Kelapanunggal, Kabupaten Bogor. Adapun nama Cibinong dipetik ketika dulu wilayah pabrik semen ini masih masuk kecamatan Cibinong.

Menjelang masuk ICU BPPN, pada 1998, pabrik di Narogong ini sempat menuntaskan pembangunan unit produksinya yang ke-6. Lewat pabrik pabrik itu kapasitas produksi Semen Cibinong mencapai 9,7 ton semen per tahun.

Hal yang sama juga terjadi di pabrik Semen Nusantara , Cilacap. Pabrik ini baru merampungkan pembangunan Unit 5, yang berkapasitas 2,6 juta ton per tahun.

Dengan dua tambahan unit produksi itu, Semen Cibinong menjadi perusahaan semen terbesar ketiga di Indonesia, setelah Indocement dan Semen Gresik.

Holcim Kelapanunggal

PT Holcim Indonesia Tbk

Pabrik Narogong:
Jalan Raya Narogong Km 25
Kecamatan Kelapanunggal
Kabupaten Bogor
Jawa Barat


Kantor Pusat:
Menara Jamsostek, Gedung Utara, Lt. 15
Jalan Gatot Subroto No. 38
Jakarta Pusat

Tel: 021-52962011
Fax: 021-52962030

Website:
Holcim Indonesia - www.holcim.co.id
Semen Cibinong - www.semen-cibinong.com