Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Palu Grand Mall, Kota Palu

Kamis, 08 Mei 2014 09:42:51
photo: darma utama fatah / panoramio

Palu Grand Mall, mall terbesar di Kota Palu dan juga Sulawesi Tengah, akhirnya rampung seratus persen. Gubernur Sulteng Longki Djanggola meresmikan grand-opening-nya tepat 1 Mei lalu. Adapun soft-openingnya sudah berlangsung awal Juni 2013, saat proyeknya baru berjalan 35 persen. Hebatnya, soft-opening itu dilakukan karena dua bersaudara raksasa ritel Indonesia amat kebelet untuk segera beroperasi: Matahari Department Store dan grosir modern Hypermart.

Dibangun di kawasan Taman Ria, di tepian Teluk Palu, peletakan batu pertama pembangunan mall di Kecamatan Palu Barat ini, 6 Juli 2012, juga dilakukan Gubernur Longki Djanggola. Sejak awal pembangunan, sederet nama besar ritel nasional sudah dipastikan akan masuk: Matahari, Hypermart, Breadtalk, J.Co, Electronic Solutions, Optik Melawai, Optik Tunggal, Fun World Games, dan Bodyshop.

Berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar, pembangunan mall ini menelan biaya Rp 150 miliar. Lokasinya terbilang cantik karena punya dua muka: yang satu menghadap Jalan Diponegoro, yang satu lagi menghadap Jalan Cumi-cumi (Jl. Rono, kata Google), yang berada di tepian Teluk Palu. Luas bangunan mall 3 lantai ini mencapai 43.400 meter per segi, termasuk area parkir, service, ruang publik. Adapun area komersialnya sekitar 22.200 meter per segi, termasuk untuk 120 gerai kecil ukuran 2,6x2,6 meter.

Dari total luas mall itu, Matahari Department Store mengambil area dagang seluas 6.000 meter per segi. Bagi Matahari, outlet di Palu Grand Mall ini merupakan outlet yang ke-124, atau yang ke-11 di Pulai Sulawesi. Soal Matahari dan Hypermart ingin cepat-cepat buka saat soft-opeing tahun silam, itu tak lain karena ingin memanfaatkan moment Ramadhan dan Idul Fitri. Tapi keinginan itu tak terwujud karena akhirnya Hypermart baru buka pada 19 September 2013 dan Matahari menyusul pada 5 Desember 2013. Adapun yang terlihat santai adalah J.Co Donuts, yang baru buka 7 Mei kemarin.

Pengembang Palu Grand Mall tak lain adalah PT Palu Graha Sejahtera, perusahaan milik pengusaha Karman Karim, yang mantan dosen Fakultas Hukum Universitas Tadulako. Perusahaan ini juga jadi pemilik dan pengembang mall yang sekarang --karena kehadiran Palu Grand Mall-- jadi mall terbesar kedua di Palu: Mal Tatura Palu. Di mall yang terakhir ini, yang berada di pusat keramaian kota Palu di Kecamatan Palu Timur, yang jadi tenant utamanya adalah Ramayana Department Store.

Peta & Citra Satelit

Mall Kota Palu

Palu Grand Mall
Jl. Diponegoro dan Jl. Cumi-cumi (Rono)
Kelurahan Lere
Kecamatan Palu Timur
Kota Palu
Sulawesi Tengah

Website: www.palugrandmall.com