Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Pemerintah Kabupaten Batu Bara
Selasa, 07 Februari 2012, 14:30:46
photo: batubaraku
Kabupaten Baru Bara terbilang muda. Ia lahir 5 tahun silam, sebagai pemekaran dari Kabupaten Asahan, lewat UU No 5 tahun 2007. Sekarang, bersama dua daerah otonom lain (Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan) Kabupaten Batu Baru mulai mewacanakan pembentukan provinsi baru, terpisah dari Sumatera Utara. Yang diusulkan adalah pembentukan Provinsi Asahan Labuhan Batu (Aslab). Tiga kabupaten lain juga masuk dalam rencana itu: Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan.

Saat ini wilayah kabupaten Batu Bara sebagian berada di tepian Selat Malaka. Yang ditetapkan UU sebagai ibukota adalah Kecamatan Lima Puluh, yang berada jauh dari pantai. Namun kelak, karena sekarang sedang dibahas, kompleks perkantoran Pemkab Batubara akan pindah ke Desa Perupuk, yang masih berada di Kecamatan Lima Puluh, tapi dikenal sebagai kawasan wisata bahari. Bupati Batu Bara sampai saat ini masih berkantor di gedung bekas Kantor Camat Lima Puluh.

Industri besar yang terkenal di Batu Bara adalah PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), yang merupakan milik konsorsium 12 perusahaan Jepang. Dikabarkan, PT Inalum hingga kini belum memberi kontribusi yang signifikan bagi Kabupaten Batubara. Pemkab Batubara sendiri berharap Inalum bisa menyumbang PAD Rp 100 miliar. Kesepakatan pemerintah RI tentang Inalum dibuat pada Juli 1975 dan akan berakhir pada Oktober 2013.

Di Sumatera Utara, PT Inalum punya dua smelting plant. Yang satu di Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara. Yang satu lagi di Paritohan, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir. Di Asia Tenggara, hanya kedua smelter alumunium itulah yang ada.
Pemerintah Kabupaten Batu Bara
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 164
Kecamatan Lima Puluh
Kabupaten Batu Bara

Tel: 0622-96762

Website: www.batubarakab.go.id


Link:
Bappeda Batu Bara - www.bappeda.batubarakab.go.id
PT Inalum - www.inalum.co.id
Kecamatan di Kabupaten Batu Bara:
  1. Medang Deras

  2. Sei Suka

  3. Air Putih

  4. Lima Puluh

  5. Talawi

  6. Tanjung Tiram

  7. Sei Balai
 Hotel di Batu Bara
 Berita Batu Bara
Pulau 'Salah Nama' Dipromosikan ke Luar Negeri
Kantor Bupati Batu Bara Dipusatkan di Perupuk
Pelabuhan Kuala Tanjung Diproyeksikan Jadi Hub Internasional
Kemenhub bangun jalur KA Sei Mangkei
Pelindo I Kembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5