Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Citimall Gorontalo, Kota Gorontalo

Sabtu, 10 Juni 2017 11:51:44
photo: gorontalo mall / google street view

Gorontalo Mall kini tinggal kenangan. Bukan mall-nya yang hilang, tapi cuma namanya saja. Sejak empat hari lalu, 6 Juni 2017, mall yang antara lain dihuni Hypermart, Matahari, Gramedia, dan Cinema XXI itu salin nama menjadi Citimall Gorontalo. Ini terjadi karena kepemilkan mall 3 lantai itu 100 persen beralih dari PT Primerindo Kencana kepada PT Nirvana Wastu Pratama, anak perusahaan PT Nirvana Development Tbk. Perusahaan yang terakhir ini di-presiden-komisaris-i oleh Pingki Elka Pangestu, abang dari mantan Menteri Perdagangan dan Menteri Parekraf Marie Elka Pangestu.

Citimall memang brand milik PT Nirvana Development Tbk. Perusahaan ini gemar membeli mall dan pusat perbelanjaan yang sudah jadi dan kemudian mengganti namanya dengan label Citimall. Sebelum Gorontalo Mall, tahun lalu perusahaan ini mengubah nama Cianjur Supermall menjadi Citimall Cianjur, Sukabumi Supermall menjadi Citimall Sukabumi, Borneo City Sampit menjadi Citimall Sampit, dan Borneo City Ketapang menjadi Citimall Ketapang. Di waktu sebelumnya lagi sudah dihadirkan Citimall Baturaja, Citimall Lahat, Citimall Prabumulih, Citimall Kapuas, dan Citimall Pangkalan Bun. Tapi tidak semua mall miliknya diganti label menjadi Citimall. Beberapa mall masih dibiarkan memakai label lama: Plaza Jembatan Merah, Kutabumi Junction, Cirebon Super Block Mall, dan The Park Solo.

Pergantian nama Gorontalo Mall menjadi Citimall Gorontalo disampaikan Teges Prita Soraya, selebriti yang jadi Head of Marketing & Communications PT Nirvana Wastu Pratama, pada jumpa pers yang digelar di Lotus Resto di Hotel Maqna, hotel 7 lantai yang bertengger di atas Gorontalo Mall yang berlantai 3. Dijelaskan pula bahwa pergantian itu terjadi karena terjadi alih kepemilikan. Sementara itu, di Jakarta, lewat press releasenya, PT Nirvana Development Tbk mengabarkan anak perusahaannya, PT Nirvana Wastu Pratama, telah mengakuisi akusisi 100 persen saham milik PT Primerindo Kencana sebagai pemilik Gorontalo Mall dan Hotel Maqna seharga Rp 48,7 miliar. Kedua asset barunya itu punya area komersial seluas 20.500 meter persegi, dan berdiri di atas lahan seluas 7.000 meter persegi.

Gorontalo Mall dan Maqna Hotel merupakan bagian dari kawasan bisnis yang dikenal sebagai Business Park Gorontalo, yang dikembangkan PT Primerindo Kencana sejak Agustus 2009 dan rampung pada Desember 2011. Total luas lahan Business Park Gorontalo mencapai 30.000 meter persegi atau 3 hektar. Secara kasar, area ini dibagi 3 zona: ruko di sisi utara, mall dan hotel di sisi tengah, dan ruko lagi di sisi selatan. Jadi, yang diambil alih PT Nirvana Wastu Pratama hanyalah bagian tengah Business Park Gorontalo.

Lahan Business Park Gorontalo sendiri terbilang strategis. Ia punya 3 sisi muka yang menghadap jalan. Hotel Maqna biasa menyebut diri berada di 'sisi utama' di sebelah latan, di tepi Jalan Sultan Botutihe, atau sisi panjang sang business park, yang dipagari oleh deretan ruko. Sedangkan muka Gorontalo Mall berada di sisi barat, atau di Jalan HOS Cokroaminoto. Adapun sisi timurnya masih belum diberdayakan.

Gorontalo Mall resmi beroperasi pada 8 Desember 2011, seiring dengan pembukaan gerai Hypermart ke-61. Sepekan kemudian, 14 Desember 2011, giliran Hotel Maqna yang beroperasi. Hotel ini dikelola oleh Prasanthi Hotels & Resorts (PT Prasanthi International Indonesia). Di tahun berikutnya, usaha retail lain ikut meramaikan. Matahari Department Store hadir di sana mulai 27 Januari 2012, menjadi outlet Matahari yang ke-104. Pada 1 September 2012, giliran toko buku Gramedia meramaikan mall terbesar di Kota Gorontalo itu. Belakangan hadir pula sederet peritel nasional lainnya semacam J.Co Donuts, Electronic Solution, dan bioskop Cinema XXI.

Peta & Citra Satelit

Gorontalo Mall

Citimall Gorontalo
(d/h Gorontalo Mall)
Jl. HOS Cokroaminoto No. 1
Kelurahan Heledulaa Selatan
Kecamatan Kota Timur
Kota Gorontalo
Gorontalo

Website: www.maqnahotel.com

Maqna Hotel - www.maqnahotel.com


Pemilik:
PT Nirvana Wastu Pratama - PT Nirvana Development Tbk - www.nirvanadevelopment.com