Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pelabuhan Soekarno-Hatta
Rabu, 20 April 2011 18:58:31
photo: zakila/indoplaces
Di Cengkareng, Soekarno-Hatta menjadi nama Bandara Internasional. Di Makassar, Soekarno-Hatta menjadi nama pelabuhan, khususnya pelabuhan untuk kapal penumpang dan terminal penumpang. Pelabuhan ini dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV). Sebagai layanan apa? Kalau sekarang lihat di website Pelindo IV, urusan pelabuhan untuk penumpang ini masuk kategori layanan rupa-rupa usaha. Dua layanan lainnya punya kategori tersendiri: layanan kapal dan layanan barang.

Meski secara teknis dikelola Pelindo IV, sejak Januari 2011 pelabuhan Makassar sudah punya lembaga baru yang bernama Otoritas Pelabuhan. Otorita inilah yang konon bertanggug jawab atas segala aspek kepelabuhanan. Termasuk merancang dan melaksanakan proyek perluasan pelabuhan senilai Rp 800 miliar. Diharapkan, tahap pertama proyek itu bisa mendapatkan dana dari APBN 2012 sebesar Rp 203,5 miliar.

Di area pelabuhan penumpang ini terdapat Masjid Babussalam. Mesjid ini diresmikan Presiden Megawati, berbarengan dengan peresmian Terminal Petikemas Makassar, pada 21 Juli 2001. Sementara di kawasan ujung utara pelabuhan, atau ujung jalan Nusantara, terdapat awal Jalan Tol Reformasi (tol lingkar Makassar) yang menghubungkan kawasan pelabuhan dengan pusat kota. Jalan tol yang hanya sepanjang 3,1 km ini dikelola oleh PT Nusantara Infrastructure Tbk. Perusahaan milik Bosowa Group ini juga jadi pengelola jalan tol Bintaro-Bumi Serpong Damai (Jakarta/Tangerang).
Pelabuhan Makassar
Jalan Nusantara No. 1
Kelurahan Ujung Tanah
Kecamatan Wajo
Kota Makassar - 90173
Sulawesi Selatan

Tel: 0411-316549, 316966, 320941
Fax: 0411-313513


Link:

PT Pelindo IV - www.pelabuhan4.co.id

PT Nusantara Infrastructure - www.nusantarainfrastructure.com

Bosowa Group - www.bosowa.co.id