Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Curug Luhur, Gunung Salak, Bogor
Jumat, 02 Maret 2012, 03:06:05
photo: che/indoplaces
Bersedia membayar Rp 30 ribu per orang untuk menikmati air terjun di Bogor? Silakan datang ke Curug Luhur. Terasa mahal? Tunggu dulu. Ada bonusnya: waterboom dengan belasan kolam luncur, yang punya berbagai ketinggian, untuk anak maupun dewasa.

Keberatan atau tidak dengant tarif tadi, tiket masuk 'kawasan wisata' Curug Luhur memang segitu. Benar-benar baguskah? Biasa-biasa saja. Waterboom dan kolam luncurnya oke? Oke buat orang yang nekat.

Banyak orang boleh jadi tak sepakat dengan kata 'mahal' dan 'nekat' tadi. Buktinya, halaman parkirnya padat dengan mobil. Air terjun-nya pun memang sudah lama dikenal. Hanya saja, begitu melihat suasana kawasan wisata itu, rasa tak nyaman muncul juga. Area parkir dan area sekitar kolam dipenuhi warung-warung bertingkat yang terlihat tua dan rapuh. Menunya: Indomie pakai telur Rp 10.000,-. Kalau tak pakai telur Rp 8.000,-

Kolam renang dan kolam luncurnya pun, yang memadati hampir seluruh kompleks Curug Luhur lebih mengenaskan lagi. Beberapa kolam luncur, luncurannya terbuat dari beton berlapiskan keramik. Tapi, keramik oplosan: entah KW berapa. Dari jauh memang mirip mosaik keramik warna-warni. Tapi kalau dilihat sungguhan, siapapun bisa menebak kalau itu keramik gado-gado. Pengerjaannya pun terlihat amat kasar. Licin? Pasti, karena lumutan.

Kolam luncur yang terlihat lebih baru, sudah seperti kolam luncur zaman sekarang. Luncurannya terbuat dari fiberglass. Hanya saja, semua luncuran itu berakhir di kolam renang mosaik seperti yang disebut tadi. Ada yang berujung di kolam yang bertepikan tebing sungai aliran air terjun. Ada luncuran yang melintasi sungai.

Kalau membawa anak-anak, sungguh amat bijak jika tak sekejap pun melepasnya dari pandangan mata.
 
Nama Curug Luhur kabarnya lahir untuk menggambarkan kondisi air terjun (curug) ini yang terbilang tinggi (luhur): 50 meter. Lokasi kawasannya sendiri berada berada di daerah yang lumayan dingin: 630 meter DPL. Dari segi kewilayahan, Curug Luhur masuk ke Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

Selain Curug Luhur, di kawasan terdekat juga ada curug populer lainnya: Curug Nangka. Curug yang satu ini masih belum terkontaminasi oleh hadirnya kolam luncur. Baik Curug Luhur maupun Curug Nangka masih sama-sama termasuk kawasan lereng Gunung Salak.

Karena lokasinya yang sejuk, amat banyak villa bertebaran di sekitar Curug Luhur maupun di seantero Kecamatan Tenjolaya.
 
Curug Luhur bisa didatangi lewat dua jalur. Bisa lewat Jalan Darmaga (IPB), terus ke Cinangneng, berbelok di pertigaan setelah Majid Besar Al-Hidayah yang berada di pinggir sungai, lalu terus ke Kecamatan Tenjolaya dan sampai ke Curug Luhur (Jalan Abdul Fatah, kata Google). Jaraknya dari kampus IPB Darmaga sekitar 17 kilometer.

Alternatif lain lewat kota Bogor: Istana Bogor, terus ke Jalan Pulo Empang, melewati jembatan, terus ke jalan Kapten Maulana Yusuf yang teramat panjang, sampai ke Jalan Gunung Malang, lewat Curug Nangka, lalu sampai ke Curug Luhur.
 
 
 
Kalau mau, di Curug Luhur juga tersedia flying fox. Tali peluncurnya berawal di sisi atas, dekat dengan air terjun, melintas di atas seluruh kolam yang ada, dan berujung di salah satu kolam: 50 meter di bawahnya. Mau coba? Untunglah, saat ini flying fox sedang diliburkan.
Tetangga TerdekatKm
Alfamart - CV Budiman Mandiri, Dramaga, Bogor 10,623
RS Medika Dramaga, Kota Bogor 10,662
Terminal Laladon, Dramaga 10,683
Klinik dan Rumah Bersalin dr Katili 10,816
Swalayan Al-Amin, Bubulak, Kota Bogor 10,902
Harika Motor, Dealer Honda Dramaga, Bogor 10,947
Dramaga Cantik, Dramaga, Bogor 10,958
Masjid Al-Liyah, Dramaga, Bogor 11,061
SPBU 34-16112, Bubulak, Kota Bogor 11,095
Swalayan Al-Amin, Cibanteng, Bogor 11,137
SD Negeri Babakan Dramaga 01 dan 03, Bogor 11,261
Bank Syariah Mandiri, Dramaga, Bogor 11,354
Rektorat IPB, Gedung Andi Hakim Nasution 11,368
Dua Tetangga: BNI dan BRI Dramaga 11,369
Terminal Bubulak, Kota Bogor 11,429
 Hotel di Bogor
Mekarsari Indah Hotel
Hotel Sinar Mutiara
Hotel Wisata
Hotel Pondok Mawar
Hotel Genggong 2
 Berita Bogor
Rachmat Yasin Isyaratkan Mundur dari Kursi Bupati Bogor
Pemkab Bogor Beri Ultimatum Harvest City
Bupati Bogor Ditangkap KPK, PPP Gelar Doa Bersama
Kerugian Pencurian Batubara di Pelabuhan Cirebon Capai Rp 15 Miliar
Warga Tolak Rencana Renovasi Kantor Camat Jonggol
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5