Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Pemerintah Kabupaten Tanggamus
Selasa, 16 Oktober 2012, 11:22:30
photo: Rizal Mukhtar / panoramio
Suka film 'Flipper'? Suka lumba-lumba atau dolphin? Silakan bertandang ke Kabupaten Tanggamus, kabupaten penghasil emas di Provinsi Lampung. Kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Lampung Selatan ini menjadikan ikan cantik dan bermoncong panjang itu sebagai salah satu ikon pariwisatanya. Ikan-ikan itu biasa dijumpai wisatawan di Teluk Kiluan, yang berada di Kecamatan Kelumbayan, salah satu kecamatan yang berada di ujung timur Tanggamus, yang menjadi salah satu 'pucuk' pulau Sumatera, dekat ke pulau Jawa. Jaraknya pun lebih dekat ke Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung, ketimbang ke Kota Agung, ibukota Kabupaten yang berada jauh di sebelah barat lautnya.

Wilayah Kabupaten Tanggamus memang terbilang unik. Wilayah daratannya terbentang mengelilingi sebuah teluk besar, Teluk Semangka, yang membuka selebar 50 kilomter ke arah Selat Sunda dan Samudera Indonesia. Teluk Kiluan dan lumba-lumbanya, dan juga wilayah kecamatan Kelumbayan, menjadi titik gerbang di sebelah utara (atas, kalau di peta). Sedang jauh di seberangnya terdapat wilayah kecamatan Pematang Sawa.

Meski baru menjadi kabupaten independen pada 1997, Tanggamus menjadikan tahun 1889 sebagai tahun kelahirannya. Tahun itu dipetik dari saat masuknya Belanda ke Kota Agung, kota yang sekarang jadi ibu kota. Dalam perjalannya menjadi kabupaten, pada 1979 wilayah Kota Agung sudah sempat dipimpin oleh pembantu Bupati Lampung Selatan untuk Wilayah Kota Agung, yang membawahi 10 kecamatan. Saat resmi menjadi kabupaten lewat Undang-undang Nomor 2 tahun 1997, ia terbentuk dari 11 kecamatan. Sekarang, jumlah kecamatannya ada 19 kecamatan. Mestinya jumlah kecamatannya bisa lebih banyak lagi, karena pada 2008 sudah sempat menjadi 28 kecamatan. Jumlahnya berkurang karena pada 2008 itu Kabupaten Tanggamus dimekarkan dan melahirkan Kabupaten Pringsewu.

Pringsewu? Kalau nama ini terkesan ke-jawa-jawa-an, ya dimaklumi saja. Sebagaimana wilayah lain di Lampung, Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu memang banyak dihuni orang asal Pulau Jawa, termasuk transmigran asal Pulau Jawa. Museum Transmigrasi Lampung pun mencatat, orang Jawa sudah datang ke Lampung jauh sebelum Kompeni Belanda mendatangkannya 'transmigran' asal Kedu secara resmi pada 1905. Program transmigrasi Belanda ini masih berlangsung hingga 1942 dengan mengirimkan orang Jawa ke, antara lain, wilayah Kecamatan Wonosobo, yang sekarang masih masuk wilayah Kabupaten Tanggamus. Program transmigrasi Belanda ini konon meniru sukses program serupa yang digelar pada periode yang kurang lebih sama, di Deli dan Medan, Sumatera Utara.

Kota Agung sendiri di bagian tengah wilayah kabupaten Tanggamus, di kaki Gunung Tanggamus (2.100 meter). Gunung Tanggamus merupakan bagian dari rentetan gunung berapi Pegunungan Bukit Barisan yang memanjang sepanjang Pulau Sumatera. Hingga kini, Pemkab Tanggamus masih mengandal dana dari pemerintah pusat, karena pendapatan asli daerah yang masih kecil. Tahun 2011 lalu, PAD-nya hanya sebesar Rp 13 miliar. Adapun APBD-nya amat jauh lebih besar. Untuk 2012 ini, Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan merancang anggaran pendapatan sebesar Rp 918 miliar dan belanja senilai Rp 904 miliar.

Di masa datang, boleh jadi PAD Kabupaten Tanggamus bakal menggelembung, bila tambang emas di Way Lingo, Kecamatan Bandar Negeri Semoung, makin banyak berproduksi. Tambang yang dikelola PT Natarang Mining, anak perusahaan Natarang Offshore Pty Ltd (Australia), saat ini menyumbang PAD senilai Rp 3,2 miliar per tahunnya. Lokasi tambang di eks-kawasan hutan lindung itu konon menyimpan potensi emas sebanyak 669 ribu ton.

Selain di Way Lingo, juga terdapat tambang emas di Pekon Sodoharjo, Kecamatan Kelumbayan Barat, yang dikelola PT Nabal Umbar Picung, anak perusahaan Apolo Gold Incorporated (Kanada).
Pemerintah Kabupaten Tanggamus
Jalan S Parman
Kota Agung Barat
Kabupaten Tanggamus
Provinsi Lampung

Tel: 0722-21886, 21020

Website: www.tanggamus.go.id


Link: Teluk Kiluan - www.telukkiluan.org
Kecamatan di Kabupaten Tanggamus:

  1. Wonosobo
  2. Semaka
  3. Bandar Negeri Semuong
  4. Kota Agung
  5. Kota Agung Barat
  6. Kota Agung Timur
  7. Pematang Sawa
  8. Pulau Panggung
  9. Ulu Belu
  10. Air Naningan
  11. Talang Padang
  12. Sumberejo
  13. Gisting
  14. Gunung Alip
  15. Pugung
  16. Bulok
  17. Kelumbayan
  18. Kelumbayan Barat
  19. Limau
Tetangga TerdekatKm
Pemerintah Kabupaten Pringsewu 39,025
Pemerintah Kabupaten Pesawaran 48,354
Museum Trasmigrasi, Kabupaten Pesawaran 48,413
Bandara Radin Inten II Lampung Selatan 61,078
DPRD Lampung 63,906
Balai Keratun 63,935
Pemerintah Provinsi Lampung 63,950
Wika Beton, PPB Lampung, Tegineneng, Pesawaran 64,221
Pemerintah Kota Bandar Lampung 64,465
PT Parindo Permai, Tegineneng, Pesawaran 64,745
Rumah Gubernur Lampung 64,788
PT Charoen Pokphand Jaya Farm, Tegineneng, Pesawaran 65,380
Semen Baturaja 70,221
PLTU Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan 74,359
Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah 80,984
 Hotel di Tanggamus
 Berita Tanggamus
Aqua Bangun Pabrik di Tanggamus
Tambang Way Linggo Dinilai Untungkan Kingsrose Mining
Komisi C Kunjungi Tambang Emas Kelumbayan
Velcan Energy Dubai Siap Bangun PLTA di Tanggamus
Tanggamus Simpan 669 Ribu Ton Emas
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5