Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Pemerintah Kota Lubuklinggau
Senin, 21 April 2014, 18:38:41
photo: Kemenag Lubuklinggau
Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan, mengklaim diri sebagai kota terbesar kedua di Pulau Sumatera, setelah Medan. Lalu, di Sumatera Selatan sendiri, kota mana yang mengaku jadi kota terbesar kedua setelah Palembang? Katanya sih, Kota Lubuk Linggau, kota otonom di Jalur Lintas Sumatera antara Palembang dan Bengkulu. Atau setidaknya, itu kemauan sang walikota, H SN Prana Putra Sohe, dan yang kebetulan sudah di-iya-kan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Bukan asal mau, niatan menjadi kota terbesar kedua itu secara resmi diungkapkan Pak Walikota pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Lubuklinggau dalam rangka peringatan HUT Kota Lubuklinggau ke-12, 19 Oktober 2013. Gubernur Alex Noerdin, yang hadir dan memberi sambutan dalam rapat paripurna itu, bilang kalau niatan walikota Lubuklinggau itu sangat mungkin bisa terwujud. Terlebih lagi karena sejak 2010, Lubuklinggau sudah punya bandara sendiri: Bandara Silampari. Gubernur juga berharap Lubuklinggau bisa merealisasikan cita-citanya menjadi 'Kota Madani': kota yang beradab dengan masyarakat yang ber akhlakul karimah.

Sebagai kota otonom, Lubuklinggau memang masih berusia muda. Keotonomannya ditetapkan lewat UU No. 7 tahun 2011 yang diteken Presiden Megawati pada 21 Juni 2001, dan diresmikan kehadirannya pada 17 oktober 2001. Di masa sebelumnya, mulai 1981, Lubuklinggau sudah menjadi kota administratif di lingkungan Kabupaten Musi Rawas. Sebelumnya lagi, sejak 1956, Lubuklinggau menjadi ibukota Kabupaten Musi Rawas. Pada era Clash I, 1947, Lubuklinggau juga sempat menjadi ibukota Provinsi Sumatera Bagian Selatan.

Sekarang, Lubuklinggau sedang sibuk berbenah diri menjelang pelaksanaan program 'Visit Linggau 2015'. Dalam rangkaian itu pula, pada 1-2 November 2014 mendatang, Lubuklinggau bakal jadi tuan rumah Asian Mountain Bike Championship, yang bakal diikuti 14 dari 16 negara di Asia. Terakhir kali, Asian MTB Championship digelar di Bali pada 2006. Tahun silam, dalam rangka ulang tahunnya, Lubuklinggau juga menggelar kegiatan bernuansa sport: Silampari Extreme Offroad Lubuklinggau 2013.
Pemerintah Kota Lubuklinggau
Kompleks Perkantoran Walikota
Jl. Garuda No. 10
Kelurahan Kayu Ara
Kecamatan Lubuklinggau Barat I - 31615
Kota Lubuklinggau
Sumatera Selatan

Tel: 0733-322586

Website: www.lubuklinggaukota.go.id
Kecamatan di Kota Lubuklinggau:
  1. Lubuklinggau Barat I
  2. Lubuklinggau Barat II
  3. Lubuklinggau Timur I
  4. Lubuklinggau Timur II
  5. Lubuklinggau Utara I
  6. Lubuklinggau Utara II
  7. Lubuklinggau Selatan I
  8. Lubuklinggau Selatan II
Tetangga TerdekatKm
Pemerintah Kabupaten Musi Rawas 20,475
 Hotel di Kota Lubuk Linggau
 Berita Kota Lubuk Linggau
14 Negara Ramaikan Asian Mountain Bike Championship di Bukit Sulap
Walikota Lubuklinggau Resmikan RM Pagi Sore
Wako Targetkan Lubuklinggau Menjadi Kota kedua di Sumsel
Berulang Tahun ke-12, Lubuklinggau Gelar Silampari Extreme Offroad
Gubernur Lantik Wali Kota Lubuklinggau
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5