Indonesia meets Google Places and Facebook Places Home | Places | Hotel | Berita
Indoplaces.com
Asbisindo Cemplung.com
Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu
Sabtu, 20 Juli 2013, 13:44:19
photo: bing maps
Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, merupakan pendatang baru di jagad daerah otonom Indonesia. DPR-RI mensahkan pembentukannya pada 14 Desember 2012, sebagai pemekaran dari Kabupaten Kepulaun Sula. Presiden SBY meneken UU No. 6 tahun 2013 yang memayunginya pada 11 Januari 2013. Mendagri Gamawan Fauzi melantik Arman Sangaji sebagai penjabat Bupati Pulau Taliabu pada 22 April 2013.

UU tadi memenetapkan kota Bobong di kecamatan Taliabu Barat sebagai ibukota kabupaten. Kota ini berada di ujung barat Pulau Taliabu, pulau ukuran besar yang memanjang horizontal dari timur ke barat sepanjang 110 kilometer. Pulau Taliabu diapit Laut Maluku di sebelah utara dan Laut Banda di sisi selatan. Kabupaten induknya, Kepulauan Sula, berada di sebelah timur. Adapun sisi baratnya berbatasan dengan Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah.

Persiapan Pulau Taliabu menjadi kabupaten otonom sudah berlangsung sejak 2006. Rakyat Taliabu pun sudah dengan sukarela menghibahkan tanah seluas 2.400 hektar untuk dijadikan kawasan kantor pemerintah kabupaten. Pembangunan gedung kantor bupati Pulau Taliabu pun sudah mulai dilakukan sejak 2011. Kantor baru ini dibangun di kawasan belakang kantor Kecamatan Taliabu Barat dan Rumah Sakit Umum Taliabu di Bobong.

Dana pembangunan infrastruktur awal Taliabu juga sudah disiapkan. Pemerintah kabupaten induk, Kepulauan Sula, berjanji menyediakan dana Rp 20 miliar per tahun, selama tiga tahun pertama. Sementara Pemerintah Provinsi Maluku Utara menganggarkan Rp 7,5 miliar per tahun, untuk 3 tahun pertama pula, untuk pembangunan infrastruktur dan kantor pemerintahan.

Seperti apa penampakan kota Bobong, ibukota Kabupaten Pulau Taliabu, dari langit? Seperti terlihat di bawah, citra satelit Google masih minim. Untunglah, Nokia sudah punya citra satelit yang lebih sip. Pada citra satelit Nokia yang digunakan Bing Maps, seperti yang lihat di atas, gambarnya lebih detail, meski hanya ada untuk sebagian wilayah kota. Terlihat di sana sebuah kapal sedang merapat di pantai. Juga ada sosok mesjid bintang delapan. Dan yang paling dibanggakan, Bandara Sahu yang punya terminal yang kabarnya sudah modern, di kanan atas.

Ada pun citra satelit Nokia yang digunakan oleh Nokia sendiri, via website Here.com, sudah menampilkan seluruh wilayah kota Bobong, tapi dengan tingkat zoom yang kalah dari Bing Maps: Nokia - Here.com.
 
Pemerintah Kabupaten Taliabu
Bobong
Kecamatan Taliabu Barat
Kabupaten Pulau Taliabu
Provinsi Maluku Utara
Kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu:
  1. Taliabu Barat
  2. Taliabu Barat Laut
  3. Lede
  4. Taliabu Utara
  5. Taliabu Timur
  6. Taliabu Timur Selatan
  7. Taliabu Selatan
  8. Tabona
 Hotel di
 Berita
Gunung Kelud Meletus, SBY Mendadak Angkat Surono Jadi Kepala Badan Geologi ESDM
Jokowi Bangun Gedung Opera di Waduk Riario
Bangun Gedung Tertinggi di Indonesia, Pertamina Minta Izin Jokowi
Tol Becakayu: Investor Tunda Pencairan Kredit
Akhirnya, Djan Faridz Serahkan Tanah Abang ke Jokowi
  © 2010-2014 IndoPlaces.com  |  Redaksi - Panduan
Web Services : Bengkel Web - Registrasi Domain - Web Hosting

Powered by eNdonesia 8.5